PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19

Riliani, Uci and Mona, Ardina and Melia, Eka Daryati (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI UCI RILIANI_PG PAUD UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19 di PAUD Se-Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di PAUD Se-Kecamatan Pendopo sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total atau total sampling, sebanyak 30 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak selama masa pandemi covid-19 secara keseluruhan berada pada kategori baik. Peran guru pada aspek sebagai demonstator, aspek fasilitator dan aspek evaluator berada pada kategori baik, artinya telah melaksanakan perannya dengan baik. Pada aspek mediator dan aspek pengelola kelas berada pada kategori cukup, artinya guru telah melaksanakan perannya dengan cukup. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih mendalam lagi tentang peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak terutama peran guru sebagai menyediakan pengelola kelas dan mediator.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:07
Last Modified: 23 Oct 2023 07:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17080

Actions (login required)

View Item View Item