PENDAMPINGAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA E-WARONG PADA PENINGKATAN EKONOMI PENERIMA MANFAAT PKH DI KOTA LUBUKLINGGAU

Sumarnak, Ahmat and Yunilisiah, Yunilisiah and Suparman, Suparman (2023) PENDAMPINGAN SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA E-WARONG PADA PENINGKATAN EKONOMI PENERIMA MANFAAT PKH DI KOTA LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS AHMAT_SUMARNAK FINAL - Ahmat Sumarnak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kesejahteraan sosial yang diamanatkan Undang-Undang Dasar 1945 ternyata masih menjadi pekerjaan rumah yang sulit untuk diselesaikan. Upaya pemerintah dalam program penanganan fakir miskin dengan mencetuskan Program Pemberdayaan Masyarakat melalui Bantuan Sarana Pengembangan Usaha Elektronik Gotong Royong (BPSU e-Warong) yang bertujuan untuk menuntaskan persoalan kesejahteraan sosial dengan adanya peningkatan ekonomi pada penerima manfaat PKH. Namun hal ini tidaklah mudah karena mental pengurus dalam pengelolaan BPSU e-Warong tidak ingin untuk berinovasi dalam pengembangan usaha dan hanya berada pada zona nyaman pangsa pasar yang bertransaksi di BPSU e-Warong saja, sehingga hal ini tidak memiliki tindak lanjut dalam menuntaskan kesjahteraan sosial. Pendamping yang seharusnya mampu memainkan peran dan fungsinya ternyata masih tidak berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi penerima manfaat. Peran dan fungsi pendamping dalam melakukan pendampingan terhadap BPSU e-Warong dimungkinkan akan ada inovasi baru dalam pengembangan usaha di BPSU e-Warong berdasarkan teori pendampingan, akan tetapi faktanya hal ini tidak berpengaruh sama sekali. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Teknik pengambilan informan yaitu purposive sampling dengan informan sebanyak 13 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu pendamping sosial tidak berhasil memainkan peran dan fungsinya sebagai pendamping sosial atau penyelia BPSU e-Warong dan tidak terjadi pengembangan usaha disetiap BPSU e-Warong Kota Lubuklinggau sehingga tidak terjadi peningkatan ekonomi terhadap penerima manfaat PKH.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:24
Last Modified: 23 Oct 2023 08:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17084

Actions (login required)

View Item View Item