KEBERFUNGSIAN SOSIAL REMAJA KORBAN PENYALAGUNAAN NAPZA PASCA REHABILITASI SOSIAL RAWAT INAP DALAM MENCEGAH RELAPSE DI IPWL PESONAKOTA BENGKULU

Herawan, Dedi and Suparman, Suparman and Alfarabi, Alfarabi (2023) KEBERFUNGSIAN SOSIAL REMAJA KORBAN PENYALAGUNAAN NAPZA PASCA REHABILITASI SOSIAL RAWAT INAP DALAM MENCEGAH RELAPSE DI IPWL PESONAKOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS DEDI HERAWAN NPM D2A021004 - DEDI HERAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan Penyalagunaan Napza saat ini telah mengancam pembangunan berkelanjutan, hal ini disebabkan karena korban dari Penyalahgunaan Napza sebagian besar sedang menginjak usia muda yakni 10-24 tahun dan usia ini tergolong dalam usia kategori remaja menurut BKKBN. Remaja menjadi kelompok umur yang rentan dalam penyalagunaan Napza hal ini disebabkan berbagai faktor diantaranya lingkungan sosial yang mencakup lingkungan pertemanan, keluarga danmasyarakat. Pasca Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza adalah kondisi dimana klien yang telah selesai menjalani Rehabilitasi Sosial rawat inap kembali ke tengah keluarga dan masyarakat pada lingkungan sosialnya, adapun kegiatan yang di ikuti klien Pasca Rehabilitasi diantaranya konseling, home visit, family support group, tes urin dan penguatan komunitas dukungan sebaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Keberfungsian Sosial remaja Korban Penyalagunaan Napza Pasca Rehabilitasi Sosial rawat inap dalam mencegah relapse di IPWL Pesona Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, mengunakanpendekatan fenomenologi. Informan dari penelitian ini terdiri dari tiga belas oranginforman yaitu enam orangsebagaiinforman kategori remaja korban penyalagunaan Napza Pasca Rehabilitasi Sosial Rawat Inap usia 10-24 tahun dantiga oranginforman orangtuaremaja korban Penyalagunaan Napza danempat orang informan SDM petugas IPWL Pesona Bengkulu.Teknikpengumpulandata yang digunakan adalahobservasi,wawancara mendalamdan dokumentasi. Hasil Penelitian remaja korban Penyalagunaan Napza pasca Rehabilitasi Rawat Inap Mampu memepertahankan Keberfungsian sosialnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah remaja Korban Penyalagunaan Napza PascaRehabilitasi Sosial rawat inap di IPWL Pesona Bengkuludapat menjalankan peran sosialnya, memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam mempertahankan Keberfungsian Sosialdi keluarga, teman saebaya dan masyarakat pada lingkungan sosialnya sehingga tidak relapse.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:25
Last Modified: 23 Oct 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17085

Actions (login required)

View Item View Item