PENGGUNAAN RAGAM BAHASA METAFORA DALAM PENULISAN JUDUL BERITA DI MEDIA ONLINE HARIAN RADAR MUKOMUKO (Periode Juli – September 2021)

ARVIANY, MELISA and Dwi, Aji Budiman and Eka, Vuspa Sari (2023) PENGGUNAAN RAGAM BAHASA METAFORA DALAM PENULISAN JUDUL BERITA DI MEDIA ONLINE HARIAN RADAR MUKOMUKO (Periode Juli – September 2021). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
bakar cd - Melisa Arviany.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan ragam bahasa metafora dalam penulisan judul berita di media online Harian Radar Mukomuko. Istilah ragam bahasa dapat disejajarkan dengan variasi, adanya ragam bahasa mengimplikasikan bahwa dari berbagai ragam atau variasi itu terdapat model yang menjadi acuannya. Oleh karena itu, penyebab timbulnya ragam bahasa terdiri atas faktor sosial dan faktor situasi. Metafora adalah suatu proses pengayaan atau pengembangan leksikon sebuah bahasa dan secara kognitif dapat dipandang sebagai salah satu wujud daya kreatif bahasa dalam penerapan makna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kalimat tertulis maupun lisan. Penelitian ini menggunakan konsep jenis metafora, yang terbagi menjadi dua jenis yaitu: metafora hidup dan metafora mati. Dari 10 judul berita hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan judul berita di media online Harian Radar Mukomuko lebih dominan ke jenis metafora hidup yang berfungsi untuk mengaburkan kata induk tanpa menghilangkan makna dari kata induk tersebut. Berdasarkan konsep jenis metafora yang meliputi metafora hidup dan metafora mati ditemukan 9 metafora hidup (diantaranya Gulung tikar, Kuasai, Molor, Dorong, Meroket dan gila-gilaan, Berkicau, Digagahi, Naik kelas, Dihantui) dan 1 jenis metafora mati (Tak bertuan).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:15
Last Modified: 25 Oct 2023 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17089

Actions (login required)

View Item View Item