ANALISIS PENGGUNAAN EUFEMISME PADA JUDUL BERITA TINDAK KEKERASAN SEKSUAL DI MEDIA ONLINE RAKYAT BENGKULU Periode Januari – Februari 2022

Nugroho, Fitri and Mas agus, Firmansyah and Eka, Vuspa Sari (2023) ANALISIS PENGGUNAAN EUFEMISME PADA JUDUL BERITA TINDAK KEKERASAN SEKSUAL DI MEDIA ONLINE RAKYAT BENGKULU Periode Januari – Februari 2022. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
FILE SKRIPSI FITRI NUGROHO D1C018011 (1) - FITRI NUGROHO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan eufemisme sering digunakan dalam berita tindak kekerasan seksual sebagai penghalus ungkapan pada kata, frasa atau ungkapan yang dianggap kurang menyenangkan. Penelitian ini difokuskan pada judul berita tindak kekerasan seksual dengan tujuan menemukan bentuk-bentuk penggunaan eufemisme pada berita tindak kekerasan sekual di Portal berita rakyatbengkulu.com Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teori analisis wacana kritis model Van Dijk dengan menganalisis 16 bentuk-bentuk eufemisme. Berdasarkan serangkaian penelitian ditemukan sebanyak 14 bentuk eufemisme dari 27 data berita, dengan 4 bentuk ungkapan yakni; benda dan binatang, profesi, aktivitas dan ungkapan terhadap sifat atau keadan. Berdasarkan data yang telah ditemukan dari ke 13 bentuk yang digunakan dalam berita tindak Kekerasan yang dipublikasikan oleh portal berita rakyatbengkulu.com, bentuk eufemisme yang paling dominan digunakan dalam berita tindak kekerasan seksual yaitu yaitu 12 bentuk kolokial, 10 bentuk sirkumlokusi, dan 9 bentuk satu kata menggantikan kata lain sedangkan bentuk eufemisme yang jarang sekali digunakan ialah bentuk hiperbola dan bentuk pelepasan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:18
Last Modified: 25 Oct 2023 02:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17090

Actions (login required)

View Item View Item