PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV di SDN Gugus 6 Kota Bengkulu)

Ina, Valeriana and Johanes, Sapri and Ansyori, Gunawan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV di SDN Gugus 6 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang bersikap positif yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional. 2) mengetahui perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang bersikap positif dengan siswa yang bersikap negatif yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. 3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap siswa terhadap prestasi belajar. 4) mengetahui perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang bersikap negatif yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional. 5) mengetahui perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang bersikap positif dengan siswa yang bersikap negatif yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Faktorial 2x2. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling pada SDN Gugus 6 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes prestasi belajar IPS dan angket sikap siswa. Data yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS yang signifikan pada siswa yang bersikap positif yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvensional (thit 2,24 ttab 2,07). (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS yang signifikan antara siswa yang bersikap positif dengan siswa yang bersikap negatif yang mengikuti pembelajaran konvensional (thit 2,24 ttab 2,07). (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap siswa terhadap prestasi belajar (Fhit 42,90 Ftab 4,08). (4) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS yang signifikan pada siswa yang bersikap negatif yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvensional (thit 4,67 ttab 2,07). (5) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS yang signifikan antara siswa yang bersikap positif dengan siswa yang bersikap negatif yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri (thit 6,31 ttab 2,07). Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, sikap siswa, prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 17 Sep 2018 05:43
Last Modified: 17 Sep 2018 05:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17092

Actions (login required)

View Item View Item