PENGARUH CLICKBAIT JUDUL BERITA MEDIA ONLINE VIVA.co.id TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA S1 JURNALISTIK UNIVERSITAS BENGKULU ANGKATAN 2018-2019

Vianurita, Skolastika Filia Alvita and Andy, Makhrian and Yuliati, Yuliati (2023) PENGARUH CLICKBAIT JUDUL BERITA MEDIA ONLINE VIVA.co.id TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA S1 JURNALISTIK UNIVERSITAS BENGKULU ANGKATAN 2018-2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SKOLASTIKA FILIA ALVITA VIANURITA D1C018026 - Skolastika Filia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh clickbait judul berita media online VIVA.co.id terhadap persepsi mahasiswa S1 Jurnalistik Universitas Bengkulu angkatan 2018-2019. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan ialah teori uses and gratification. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner tertutup. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Data diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS STATISTICS 25. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh clickbait judul berita media online VIVA.co.id terhadap persepsi mahasiswa S1 Jurnalistik Universitas Bengkulu angkatan 2018-2019. Persepsi tersebut dipengaruhi oleh clickbait sebesar 33,8% sedangkan sisanya 66,2% dipengaruhi oleh faktor diluar dari penelitian ini. Faktor dari variabel x cenderung memiliki persentase yang hampir sama di semua indikator yakni sebesar 14,26 % dan 14,27 %. Seperti hal nya variabel x, variabel y juga memiliki persentasi yang hampir sama untuk ketiga indikatornya yakni 33,23 %, 33,29% dan 33,3%. Peran teori uses and gratification dalam penelitian ini yakni terlihat dari bagaimana individu/mahasiswa bebas dalam memilih dan menentukan pemenuhan kebutuhannya terhadap pemberitaan dengan persepsi yang ditimbulkan setelah membaca judul clickbait pada berita media online VIVA.co.id.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:58
Last Modified: 25 Oct 2023 02:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17099

Actions (login required)

View Item View Item