ANALISIS MINAT BACA MAHASISWA DI UNIVERSITAS BENGKULU

Malkasih, Windi Afrisca and Agus, Setiyanto and Fransiska, Timoria Samosir (2023) ANALISIS MINAT BACA MAHASISWA DI UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
ANALISIS MINAT BACA MAHASISWA DI UNIVERSITAS BENGKULU-WINDI AFRISCA MALKASIH-D1B016014 (1) - Windi Malkasih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan serta kecanggihan teknologi saat ini sangatlah membantu mahasiswa dalam mencari informasi. Salah satu caranya yaitu dengan membaca. Penelitian ini membahas tentang analisis minat baca mahasiswa di Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat membaca mahasiswa Universitas Bengkulu. Peneliitian ini memakai metode kuantitatif deskriptif dengan membagikan angket kepada 100 mahasiswa aktif semester ganjil 2020/2021 dari 8 fakultas di Universitas Bengkulu. Untuk metode pengambilan sampel, menggunakan accidental sampling yang dianalisis serta tersaji dalam bentuk tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat membaca mahasiswa dikaitkan dengan indikator rasa senang terhadap bacaan dengan skor 51%, indikator kebutuhan terhadap bacaan dengan hasil 55%, indikator ketertarikan terhadap bacaan dengan hasil 70% dan indikator keinginan untuk selalu membaca dengan hasil 64%. Berdasarkan hasil rekapitulasi untuk seluruh indikator adalah sebesar 60,75% dikategorikan tinggi. Sehingga hasil dari penelitian “Analisis Minat Baca Mahasiswa di Universitas Bengkulu” adalah tinggi yakni mahasiswa mempunyai rasa senang ketika membaca, mahasiswa butuh informasi dari apa yang dibaca, mahasiswa memiliki rasa ketertarikan terhadap bacaan, serta mempunyai rasa keinginan untuk selalu membaca. Perolehan nilai indikator tertinggi yaitu indikator ketertarikan terhadap bacaan dengan hasil 70% dan perolehan indikator terendah yaitu indikator rasa senang terhadap bacaan dengan hasil 51%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:26
Last Modified: 25 Oct 2023 03:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17105

Actions (login required)

View Item View Item