PENERAPAN SISTEM INFORMASI APLIKASI SIPPADEK UNTUK PELAYANAN PERIZINAN SECARA ONLINE PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BENGKULU

Rahmadani, Ardariri and Purwaka, Purwaka and Lailatus, Sa'diyah (2023) PENERAPAN SISTEM INFORMASI APLIKASI SIPPADEK UNTUK PELAYANAN PERIZINAN SECARA ONLINE PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ARDARIRI RAHMADANI-D1B018032 - Riri Rmdn.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Teknologi dan informasi telah berkembang pesat yang ditandai dengan adanya teknologi informasi disetiap instansi. Penerapan teknologi dan informasi sangat dibutuhkan baik instansi swasta maupun pemerintah dan instansi pendidikan untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Kemajuan teknologi informasi sangat berguna dan mempermudah pekerjaan manusia seperti, pengumpulan, mengirim, menginput, menyimpan, dan mengolah data di setiap instansi. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi yaitu Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Daerah Kito (SIPPADEK) yang digunakan sebagai pelayanan perizinan secara online. Penelitian ini membahas mengenai penerapan sistem informasi aplikasi SIPPADEK untuk pelayanan perizinan secara online pada DPMPTSP Kota Bengkulu dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem informasi aplikasi SIPPADEK untuk pelayanan perizinan secara online pada DPMPTSP Kota Bengkulu. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini untuk menganalisis penerapan aplikasi SIPPADEK menggunakan teori davis 1989 Technology Acceptance Model (TAM) dengan aspek kebermanfaatan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara mendalam terhadap 3 informan penelitian berdasarkan kriteria yang telah ditentukan peneliti sebelumnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi aplikasi SIPPADEK untuk pelayanan perizinan secara online pada DPMPTSP Kota Bengkulu telah memenuhi aspek dalam teori Technology Acceptance Model (TAM) yaitu aspek kebermanfaatan dengan 6 indikator yaitu, mempercepat pekerjaan (work more quickly), meningkatkan kinerja (improve job performance), meningkatkan produktivitas (increaseproductivty), efektivitas (effectiveness), mempermudah pekerjaan (make job easier), dan bermanfaat (usefull)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:40
Last Modified: 25 Oct 2023 03:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17107

Actions (login required)

View Item View Item