HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS VI KOTA BENGKULU

Izzati, Zakiah I and Agus, Susanta and V. Karjiati, V. Karjiati (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS VI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi zakiah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah korelasi product moment. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 41 siswa dari 162 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tentang motivasi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui dua tahap yaitu uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian menguji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh rhitung sebesar 0,837, di mana rhitung lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,316 ( 0,837>0,316), sehingga hubungan tersebut diiterpretasikan ke dalam kategori korelasi kuat atau tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kota Bengkulu.Kata Kunci: MotivasiBelajar, HasilBelajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:28
Last Modified: 17 Sep 2018 08:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17107

Actions (login required)

View Item View Item