PENGARUH LITERASI KEUANGAN, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Fintech Pada Mahasiswa Universitas Bengkulu)

Rianto, Heris and Berto, Abdillah and Dewi, Suryosukmono (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Fintech Pada Mahasiswa Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
HERIS CD SKRIPSI - Heris Rianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Fenomena digital payment telah menjadi trend yang mewarnai dikehidupan masayarakat modern sekarang. Melalui pemanfaatan teknologi, software, internet dan komunikasi terkini membuat digital payment semakin dibutuhkan masyarakat terlihat dari meningkatnya jumlah e-money yang beredar, volume, nominalnya di indonesia, meningkatnya jumlah pengguna internet, adanya program pemerintah, yaitu Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT), dan Bank Indonesia yang memperkenalkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh literasi keuangan, norma subjektif, kontrol diri terhadap perilaku penggunaan digital payment dengan niat sebagai variabel intervening pada mahasiswa Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) merupakan teori yang menjelaskan bahwa perilaku terbentuk karena adanya intention, yang dipengaruhi oleh attitude towards the behavior, subjective norm, dan perceived behavioural control yang merupakan tiga konstruk yang digunakan dalam TPB. Literasi keuangan sebagai turunanan dari attitude towards behavior, norma subjektif tetap sebagai subjective norm, dan kontrol diri sebagai turunan dari perceived behavioural control. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bengkulu pengguna fintech digital payment. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 370 responden. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan sumber data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial PLS-SEM yang dibantu dengan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, literasi keuangan, norma subjektif, kontrol diri, dan niat berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan digital payment. Kemudian literasi keuangan, dan kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan norma subjektif tidak signifikan terhadap niat. Serta kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan literasi keuangan dan norma subjekif tidak signifikan terhadap perilaku penggunaan digital payment melalui niat. Kata kunci: Kontrol Diri, Literasi Keuangan, Niat, Norma Subjektif, Perilaku

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 08:24
Last Modified: 31 Oct 2023 08:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item View Item