PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY DIMEDIASI OLEH E-CUSTOMER SATISFACTION PADA JASA TITIP ONLINE ALAT MODIFIKASI MOBIL DIESEL @2GDVABIRU

Ganesha, Alvalif Ilham and Sularsih, Anggarawati and Rina, Suthia (2023) PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY DIMEDIASI OLEH E-CUSTOMER SATISFACTION PADA JASA TITIP ONLINE ALAT MODIFIKASI MOBIL DIESEL @2GDVABIRU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALVALIF ILHAM GANESHA - alvalif ilham.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi mendorong perubahan budaya masyarakat melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi terutama internet menjadikan dunia baru yang tanpa batas. Pesatnya perkembangan dunia digital ini menjadi peluang besar bagi pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya ke ranah online. Menjamurnya sistem belanja online memberikan peluang bisnis baru yang dikenal oleh masyarakat sebagai jasa titip jual ataupun beli. @2gdvabiru merupakan salah satu online shop yang menyediakan jasa titip yang berada di Kota Palembang. @2gdvabiru sendiri telah berdiri sejak awal bulan Agustus 2020 namun dalam waktu 2 tahun akun ini sudah cukup banyak dikenal oleh kalangan modifikasi mobil diesel, meskipun terbilang masih baru namun @2gdvabiru sendiri telah memiliki 4.352 pengikut di Instagram. Teori Reasoned Action (TRA) merupakan teori bidang kajian psikologi sosial yang diusulkan oleh Sheppard, et al (1988). Dalam kajian psikologi sosial TRA memusatkan pada faktor penentu perilaku dan faktor determinannya, yaitu sikap terhadap perilaku (attitude toward behavior) dan norma subyektif (subjective norm). Teori tersebut menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manusia dan menjelaskan hubungan antara keyakinan, sikap, norma subjektif, niat dan perilaku individu. Kemudian Davis et al (1989) menerapkan TRA untuk mengkaji faktor yang menjelaskan alasan orang menerima atau menolak untuk menggunakan suatu produk pada waktu itu. Menurut Kotler dan Keller (2016) e�customer loyalty adalah komitmen yang dipegang secara mendalam untuk membeli atau mendukung kembali produk atau jasa yang disuka Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu desain survei. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner online. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 116 responden yang berasal pengguna akun instagram @2gdvabiru di Indonesia. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program SmartPls dengan versi 3.3.9. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji outer model, inner model, uji hipotesis, dan pengujian efek mediasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:04
Last Modified: 27 Oct 2023 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17126

Actions (login required)

View Item View Item