PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK BENGKULU CABANG UTAMA

Balqista, Nindya and Nasution, Nasution and Praningrum, Praningrum (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK BENGKULU CABANG UTAMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Nindya Balqista_C1B018063 - Nindya Balqista.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Setiap organisasi dihadapkan pada berbagai permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan, SDM merupakan faktor utama bagi organisasi untuk mencapai kinerja organisasi yang optimal oleh karenanya SDM memegang peran sentral dalam organisasi dan menjadi penggerak utama bagi organisasi untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi. Dalam Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui dan menguji pengaruh kecerdasan emosional, komitmen organisasional dan OCB terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu Cabang Utama. (2) Mengetahui dan menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu Cabang Utama dan (3) Mengetahui dan menguji pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu Cabang Utama. (4) Mengetahui dan menguji pengaruh OCB terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu Cabang Utama. Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Dimana variabel independen pada penelitian ini ialah kecerdasan emosional, komitmen organisasional dan OCB dimana setiap variabel memiliki dimensinya masing-masing seperti, variabel kecerdasan emosional memiliki empat dimensi yaitu: self-awareness, self-management, relationship management dan social skill (Wibowo, 2017). Selain itu pada variabel komitmen organisasional memiliki tiga dimensi yaitu: komitmen afektif, komitmen berkelanjutan dan komitmen normatif (Allen&Meyer, 1990). Selanjutnya pada variabel OCB memiliki lima dimensi yaitu: altruism, conscientiousness, sportmanship, civic virtue dan courtesy (Organ, 1988). Pada variabel dependen dalam penelitian ini yaitu kinerja dimana variabel ini memiliki lima dimensi yaitu: quantity of work, quality of work, tanggung jawab, inisiatif dan teamwork (Mangkunegara, 2014). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu menggunakan perhitungan angka-angka statistik. Adapun jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner secara offline. Jumlah karyawan yang bekerja di Bank Bengkulu Cabang Utama sebanyak 133 populasi akan tetapi dalam penelitian ini menggunakan sampel minimum yang diperoleh 100 karyawan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:52
Last Modified: 27 Oct 2023 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17137

Actions (login required)

View Item View Item