PENGARUH KETERAMPILAN, PENGALAMAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT PEMERINTAH KOTA BENGKULU

Ramadhan, Zahri and Praningrum, Nasution and Nasution, Praningrum (2023) PENGARUH KETERAMPILAN, PENGALAMAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT PEMERINTAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PENGARUH KETERAMPILAN - Zahri Ramadhan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Secara umum kinerja (performance) dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya Semakin baik pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi menjadi salah satu kunci keberhasilan organisasi sehingga berdampak baik terhadap kinerja. Menurut Mangkunegara (2013 ) kinerja pegawai ialah prestasi kerja atau hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh SDM dalam jangka waktu tertentu dalam melaksanakan tugas pekerjaannya sesuai dengan kewajiban yang diberikan kepadanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan, pengalaman dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Sekretariat Pemerintah Kota Bengkulu. Sedarmayanti (2017) menyatakan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja antara lain :Sikap dan mental (motivasi kerja, disiplin kerja, dan etika kerja), dan Keterampilan, begitupun faktor�faktor yang mempengaruhi kinerja Menurut Hasibuan (2016) yakni disiplin kerja dan pengalaman kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desaian penelitian yaitu desain survei. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melaui penyebaran kuesioner secara langsung. Penelitian ini melibatkan pegawai Sekretariat Pemerintah Kota Bengkulu. Teknik sampling menggunakan Teknik jenuh (Sensus). Total sampel dalam penelitian ini adalah 148 responden yang berasal dari seluruh pegawai yang ada di Sekretariat Pemerintah Kota Bengkulu. Teknik pengolahan data yakni analasis regresi linier berganda penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25.0. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan releabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. Keterampilan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat Pemerintah Kota Bengkulu. 2. Pengalaman berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat Pemerintah Kota Bengkulu. 3. Disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat Pemerintah Kota Bengkulu. 4. Keterampilan, pengalaman dan Disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat Pemerintah Kota Bengkulu. Hal ini menunjukan bahwa ketiga variable tersebut dapat mendukung kinerja pegawai Sekretariat Pemerintah Kota Bengkulu. Saran untuk Sekretariat Pemerintah Kota Bengkulu untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja pegawai yang ada dan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan keterampilan dengan melakukan memberikan pelatihan sesuai bidang masing-masing, seperti contoh bidang ekonomi diberikan pelatihan tentang ekonomi sehingga sasaran dari pelatihan tersebut tepat pada keahlian masing-masing agar tidak terjadi kesia-siaan pelatihan yang dilakukan, serta memberikan pengalama dengan cara memberikan informasi yang jelas dan lugas kepada para pegawai, seperti informasi melalui pesan yang diberikan harus dengan tujuan yang jelas, kata yang tidak dipersingkat dan lain mudah dipahami dan meningkatkan rasa disiplin kerja melalui memberikan pengawasan serta sanksi apa bila melanggar peraturan yang berlaku, hal ini dikarenenakan aspek ini berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Keyword : Keterampilan, Pengalaman , Disiplin Kerja, dan Kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:57
Last Modified: 27 Oct 2023 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17139

Actions (login required)

View Item View Item