PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Desty, Rahel Mey and Sri, Nasution and Paulus, Praningrum (2023) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHEL MEY - Rahel Desty.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017- 2019. Seperti yang disampaikan oleh Aries (2011) bahwa tujuan utama didirikannya sebuah perusahaan pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kemakmuran para pemilik saham. Perusahaan makanan dan minuman dipilih untuk menjadi objek dalam penelitian karena sektor ini cukup menjanjikan keuntungan, sehingga banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi dalam sektor tersebut. Selain itu sebelum seorang investor melakukan investasi, ia harus memperhatikan nilai dari sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan harus dapat mewujudkan tercapainya nilai perusahaan yang baik. Nilai perusahaan merupakan kondisi tertentu yang telah dicapai oleh suatu perusahaan sebagai gambaran dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan setelah melalui suatu proses kegiatan selama beberapa tahun (Brigham dan Houston, 2006). Nilai perusahaan juga dapat diartikan sebagai harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan hendak dijual (Wiagustini, 2010). Beberapa hal yang dapat menentukan nilai suatu perusahaan yaitu struktur modal dan pertumbuhan perusahaan. Struktur modal merupakan perbandingan nilai hutang dengan nilai modal sendiri yang tercermin pada laporan keuangan perusahaan akhir tahun (Puspita dan Mahfud, 2011). Selanjutnya pengertian pertumbuhan perusahaan menurut Suprantiningrum (2011) adalah peningkatan atau penurunan total aset yang dimiliki oleh perusahaan yang dihitung sebagai persentase perubahan aset pada tahun tertentu terhadap tahun sebelumnya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah data yang diolah dalam penelitian ini yaitu sebanyak 42 data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi data panel dengan bantuan aplikasi eviews 10. Data panel merupakan gabungan data time series dan cross section Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa struktur modal (DER) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, artinya hipotesis pertama dalam penelitian ini ditolak. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi ataupun semakin rendah hutang tidak akan memengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini tidak sejalan dengan teori MM oleh Franco Modigliani dan Merton Miller (MM) pada tahun 1963 setelah memasukkan faktor pajak yaitu bahwa kondisi yang memengaruhi nilai perusahaan adalah penghematan pajak karena penggunaan utang akan menurunkan pajak yang dibebankan kepada perusahaan. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Haryanto (2014) yang menyimpulkan bahwa struktur modal tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Artinya bahwa hipotesis kedua dalam penelitian ini diterima. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Suwardika & Mustanda (2017) serta Tumangkeng & Mildawati (2018). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu struktur modal (X1) tidak berpengaruh terhadap variabel nilai perusahaan (Y). Sedangkan pertumbuhan perusahaan (X2) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Adapun saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu bagi perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman sebaiknya lebih memerhatikan faktor pertumbuhan perusahaan, bagi investor sebaiknya menjadikan variabel pertumbuhan perusahaan sebagai pertimbangan dasar sebelum melakukan kegiatan investasi. Bagi penelitian berikutnya, sebaiknya dapat menambah jumlah periode penelitian, sampel penelitian serta variabel penelitian lainnya yang dapat memengaruhi nilai perusahaan. Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Struktur Modal

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:02
Last Modified: 27 Oct 2023 09:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17140

Actions (login required)

View Item View Item