FAKTOR PENDORONG NIAT BELI GENERASI Z TERHADAP PRODUK FASHION DI INDONESIA PADA PLATFORM TIKTOK DALAM THEORY OF REASONED ACTION

Desty, Rahel Mey and M Yasser, Iqbal Daulay and Effed, Praningrum (2023) FAKTOR PENDORONG NIAT BELI GENERASI Z TERHADAP PRODUK FASHION DI INDONESIA PADA PLATFORM TIKTOK DALAM THEORY OF REASONED ACTION. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Ridha Semayang Niama C1B019053 - Ridha Semayang Niama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tiktok sebagai salah satu media sosial populer yang terbukti dengan pesatnya peningkatan penggunaan aplikasi ini, khususnya di kalangan generasi Z harus dimanfaatkan oleh pemasar karena merupakan peluang untuk mempromosikan produk mereka sehingga memunculkan ketertarikan target konsumen terhadap suatu produk. Ketertarikan ini akan membuat konsumen mencari dan mengumpulkan informasi terhadap produk yang diminatinya karena mereka dihadapkan pada risiko dan ketidakpastian yang dirasakan, sehingga menimbulkan keraguan ketika akan membeli suatu produk. Dalam proses pencarian informasi terkait produk yang diminatinya, konsumen tanpa sadar berlarut-larut mencari informasi dari berbagai sumber. Sikap seperti itu dapat membantu pengguna mengidentifikasi nilai dan manfaat yang mereka peroleh dari suatu aktivitas dan dapat memicu kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Terdapat beberapa fitur di TikTok yang sering digunakan konsumen dalam mengumpulkan informasi terkait produk yang mereka inginkan, yaitu video siaran langsung, influencer marketing, dan ulasan konsumen. Setiap fitur memiliki pengaruhnya masing-masing terhadap niat konsumen dalam membeli suatu produk. Penelitian ini fokus pada satu jenis produk, yaitu fashion. Hal ini dikarenakan produk fashion menempati produk nomor 2 dengan penjualan tertinggi di e�commerce. Selain itu, penelitian ini didasarkan pada Theory of Reasoned Action untuk melihat bagaimana sikap dan norma subyektif mempengaruhi niat pembelian generasi Z pada produk fashion di TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris apakah video siaran langsung, influencer marketing, dan ulasan konsumen memiliki pengaruh terhadap niat beli yang dimediasi oleh immersion dan kepercayaan konsumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dimana sampel disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada generasi Z yang berusia 18-24 tahun di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 229. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa influencer marketing dan ulasan konsumen memiliki pengaruh positif terhadap immersion dan kepercayaan konsumen, sedangkan video siaran langsung tidak memiliki pengaruh positif terhadap immersion, kepercayaan konsumen, dan niat beli. Selain itu, ulasan konsumen, immersion, dan kepercayaan konsumen memiliki pengaruh positif terhadap niat beli, sedangkan influencer marketing tidak memiliki pengaruh positifterhadap niat beli. Adapun, influencer marketing dan ulasan konsumen memiliki pengaruh positif terhadap niat beli yang dimediasi oleh immersion dan kepercayaan konsumen, sedangkan video siaran langsung tidak memiliki pengaruh positif terhadap niat beli yang dimediasi oleh immersion dan kepercayaan konsumen. Penelitian terkait video siaran langsung dan immersion masih sangat sedikit diteliti, untuk itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti ulang variabel ini karena merupakan tren terbaru pada belanja online. Selain itu, peneliti selanjutnya diharapkan mampu meneliti sampai pada keputusan pembelian dengan produk yang paling sering dibeli pada platform e-commerce di masa depan. Peneliti selanjutnya juga diharapkan mampu menyebarkan kuesioner lebih luas dan pada rentang usia yang lebih luas pula, sehingga mampu merepresentasikan populasi Masyarakat Indonesia yang tertarik dan memiliki niat beli atau memutuskan untuk melakukan pembelian di TikTok. Kata Kunci: video siaran langsung, influencer marketing, ulasan konsumen, immersion, kepercayaan konsumen, niat beli, Theory of Reasoned Action.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:05
Last Modified: 27 Oct 2023 09:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17141

Actions (login required)

View Item View Item