STRATEGI PENINGKATAN PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DARI SEKTOR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) (Studi Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bengkulu)

SIPUTRI, BEGI DIO and Djonet, Santoso and Anita, Marianata (2022) STRATEGI PENINGKATAN PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DARI SEKTOR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) (Studi Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi Begi dio (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu bagian dari Pajak Daerah yang memiliki potensi besar untuk terus ditingkatkan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, maka pemerintah melakukan berbagai macam usaha. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah yaitu dengan melakukan intensifikasi pemungutan Pajak, dengan begitu pemerintah mengharapkan penerimaan Pajak dapat lebih optimal. Penelitian ini difokuskan pada strategi peningkatan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan penerimaan PBB. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif untuk menguraikan hasil pengamatan di lapangan dan menganalisis hasil wawancara yang diperoleh. Hasil penelitian ini menjelaskan strategi yang dilakukan pemerintah melalui BAPENDA Kota Bengkulu, yaitu melalui Aspek Intensifikasi dan Ekstensifikasi berdasarkan teori Abdul Halim. Adapun aspek Ekstensifikasi terdiri dari kegiatan melakukan tagih sisir keliling, tagih mobil keliling, monitoring wajib pajak, koordinasi dan kerjasama dengan pihak terkait, survey lapangan, dan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Adapun faktor penghambatnya yaitu keterbatasan sarana dan prasarana, anggaran, waktu, kurang akuratnya penetapan pajak terhutang,dan SPPT yang tidak sampai ke wajib pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:05
Last Modified: 01 Nov 2023 04:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item