ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA (PKPR) (Studi Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Pajar Bulan Kabupaten Seluma)

Widianingrum, Dika Risdianti and Lipneldi, Lipneldi and Anita, Marianata (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA (PKPR) (Studi Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Pajar Bulan Kabupaten Seluma). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DIKA RISDIANTI WIDIANINGRUM.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan Kesehatan Peduli remaja (PKPR) merupakan salah satu program pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk remaja remaja di Puskesmas, untuk mewujudkan remaja yang sehat. Skripsi ini berjudul analisis implementasi program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di Puskesmas Pajar Bulan Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran terhadap masalah penelitian. Aspek penelitian diadopsi dari teori Riant Nugroho, tahapan implementasi kebijakan yaitu sosialisasi program, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam sosialisasi program PKPR Sosialisasi dilakukan ke sekolah-sekolah yaitu dari jenjang SMP sampai jenjang SLTA dengan menyampaikan materi tentang kesehatan remaja, namun sosialisasi belum dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Dalam aspek perencanaan penyediaan fasilitas kesehatan dan pengadaan tim PKPR sudah dilaksanakan. Dalam aspek pelaksanaan dalam indikator sumber daya manusia kesehatan belum ada penilaian dari Dinas Kesehatan terkait kinerja tenaga kesehatan PKPR, dalam fasilitas kesehatan belum digunakan dengan baik terkait penyediaan gedung khusus PKPR, dalam indikator remaja terdapat beberapa remaja yang belum tahu mengenai program PKPR, dalam indikator jejaring belum diadakannya pembinaan jejaring untuk melakukan kerja sama lintas sektor yang baik dan pada indikator manajemen kesehatan tidak ada kebijakan khusus, semua dilakukan berdasarkan SOP dan alur pelayanan yang sudah ada sebelumnya. Dalam aspek evaluasi pelaksanaan program PKPR belum sesuai dengan tujuan program PKPR. Peneliti menyimpulkan implementasi program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di Puskesmas Pajar Bulan belum optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:14
Last Modified: 01 Nov 2023 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17157

Actions (login required)

View Item View Item