IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN BENGKULU SELATAN NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Pada Pasar Ampera Manna Kabupaten Bengkulu Selatan)

Firomonica, Ditea and Titiek, Kartika and Nursanty, Nursanty (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN BENGKULU SELATAN NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Pada Pasar Ampera Manna Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
FILE CD SKRIPSI DITEA FIROMONICA BENAR.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kebijakan pengelolaan sampah merupakan salah satu kebijakan dalam mengatasi permasalahan sampah secara nasional. Skripsi ini berjudul Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah Studi Pada Pasar Ampera Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyebab Implementasi Peraturan Daerah tersebut belum terlaksana secara optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran terhadap masalah penelitian. Aspek penelitian diadopsi dari Teori Riant Nugroho, tentang tahapan implementasi kebijakan yaitu sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, namun dalam penulisan ini peneliti hanya mengambil salah satu tahapan yaitu pelaksanaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan sampah di Pasar Ampera Kabupaten Bengkulu Selatan belum dilaksanakan secara optimal sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan pembatasan timbulan sampah, pendauran ulang dan pemanfaatan kembali sampah, pemilahan sampah, pengumpulan sampah, pengangkutan sampah, pengolahan dan pemrosesan akhir sampah. Adapun faktor penyebab dalam pelaksanaan Perda tersebut adalah: Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, sehingga rendahnya tingkat pemahaman masyarakat terhadap bahaya penggunaan kantong plastik yang tidak mudah diproses oleh alam dan dapat meningkatkan timbulan sampah. Kurangnya fasilitas pengelolaan sampah yang memadai, sehingga petugas pengelolaan sampah keterbatasan dalam melakukan pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:40
Last Modified: 01 Nov 2023 04:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17159

Actions (login required)

View Item View Item