ANALISIS POTENSI OBJEK WISATA DAN DAYA DUKUNG EKOWISATA PANTAI PADANG BETUAH KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Herlina, Lilis and Dede, Hartono and Dewi, Purnama (2018) ANALISIS POTENSI OBJEK WISATA DAN DAYA DUKUNG EKOWISATA PANTAI PADANG BETUAH KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP Lilis pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Ekowisata merupakan salah satu jenis pariwisata yang sangat menjanjikan dari segi ekonomi maupun kontribusi yang besar dalam peningkatan pendapatan baik masyarakat maupun pemerintah daerah. Bengkulu sendiri memiliki banyak Potensi yang bisa di kembangkan menjadi obyek ekowisata. Salah satunya Pantai padang betuah, Pantai padang Betuah merupakan salah satu diantara beberapa objek wisata di daerah Bengkulu Tengah yang menjadi andalan masyarakat sekitaran Kota Bengkulu.Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi potensi ekowisata serta menghitung daya dukung kawasan pantai Padang Betuah, Kabupaten Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan adalah metode observasi lapangan dan metode penentuan responden yaitu purposive sampling dan accident sampling. Hasil penilaian kelayakan potensi ekowisata pada kawasan Pantai Padang Betuah dapat diketahui bahwa kawasan tersebut layak untuk dikembangkan dengan tingkat kelayakan dinyatakan berdasarkan kriteria kelayakan setiap unsur yang menunjukkan bahawa setiap unsur dinyatakan layak dengan skor masing-masing yaitu daya tarik 70.66% , sarana prasarana 78.16%, dan aksesibilitas 75.74%. Setelah nilai Potensi daya tarik dirata-ratakan didapatkan hasil yaitu 73.41%. Hasil perhitungan daya dukung Pantai Padang Betuah menunjukan PCC>RCC>ECC. Artinya berdasarkan perhitungan dapat menampung wisatawan dengan segala aktivitasnya dengan baik ketika jumlah wisatawan secara aktual tidak melampaui batas maksimal nilai RCC. Kata Kunci: Daya tarik wisata, Ekowisata, Pantai Padang Betuah, Potensi wisata, Wisatawan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:38
Last Modified: 09 Nov 2023 03:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17161

Actions (login required)

View Item View Item