KESENIAN KUDA LUMPING SEBAGAI MEDIA TRADISIONAL KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MASYARAKAT JAWA DI BENGKULU (STUDI FENOMENOLOGI MASYARAKAT DESA AIR PETAI, KEC. PUTRI HIJAU, BENGKULU UTARA)

Saputro, Joko and Dhanurseto, Hadiprashada and Evi, Hafizah (2017) KESENIAN KUDA LUMPING SEBAGAI MEDIA TRADISIONAL KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MASYARAKAT JAWA DI BENGKULU (STUDI FENOMENOLOGI MASYARAKAT DESA AIR PETAI, KEC. PUTRI HIJAU, BENGKULU UTARA). In: Literasi Publik di Era Keberlimpahan Informasi, 06-08 Agustus 2017, Hotel Santika, Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Proceeding)
Proseding unib 25 Juli 2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kuda Lumping, atau tarian ini juga sering di sebut “Jaran Kepang” karena bentuk dari kuda yang di hiasi dengan rambut tiruan terbuat dari tali plastik dan di hias dengan cara di kepang. Selain menyuguhkan gerak tari, tarian ini juga terdapat unsur magik karena setiap pertunjukannya ada beberapa penari yang kesurupan dan beberapa ritual yang di lakukan dalam tarian ini. Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak pula kreasi yang di tambahkan oleh para seniman Kuda Lumping pada setiap pertunjukannya. Hal ini di lakukan dalam rangka melestarikan dan membuat pertunjukan lebih menarik, namun tetap tidak meninggalkan ciri khas dari kesenian tersebut. Kesenian ini juga membuat masyarakat jawa di Bengkulu lebih berbaur dengan masyarakat lokal dan masyarakat pendatang lain selain suku Jawa. Tulisan ini melihat bagaimana kesenian Kuda Lumping menjadi media komunikasi antar budaya masyarakat Jawa di Bengkulu. Metode penelitian dalam tulisan ini dengan penulisan deskriptif. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keanekaragaman budaya yang ada di Desa Air Petai ini, kesenian Kuda Lumping menjadi jembatan sebagai media tradisional yang dapat mempererat kedekatan antar budaya yang berbeda.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:02
Last Modified: 12 Oct 2018 08:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17168

Actions (login required)

View Item View Item