Analisa Pengaruh Pembebanan Fatigue Terhadap Putaran dengan Spesimen Poros (Baja Karbon Rendah) Tipe Alat Uji Rotary Bending

SITOMPUL, EBEN EZER and Suryadi, Dedi and Fauzan, Ahmad (2019) Analisa Pengaruh Pembebanan Fatigue Terhadap Putaran dengan Spesimen Poros (Baja Karbon Rendah) Tipe Alat Uji Rotary Bending. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI eben ezer sitompul (G1C014020).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Kegagalan lelah (fatigue) adalah Suatu kelelahan material yang diakibatkan oleh adanya tegangan yang befluktuasi yang besarnya lebih kecil dari tegangan tarik maksikmum atau ultimate tensile strengh material tersebut. Pada kondisi kerja beban yang berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang cukup lama kemudian dapat merubah struktur material sehingga mengalami retak crack dan gagal. Adapun kegagalan diawali dengan munculnya inti crack akibat dislokasi siklik kemudian berlajut menjadi microcrack kemudian bertumbuh menjadi macrocrack kemudian berlanjut dan berkembang propagasi hingga terjadi kegagalan. Baja karbon rendah dilakukan pengujian lelah dengan pembebanan yang diberikan 80%, 70%, 60%, 50% dari nilai ultimate tensile strengh material tersebut. Pengujian dilakukan dengan mesin uji fatigue dengan tipe rotary bending batang kantilever. Standar yang digunakan adalah standar JIS Z 2274 No 2. Hasil pengujian yang dilakukan didapatkan siklus patah pada masing-masing variasi pembebanan. Semakin besar beban tegangan yang diberikan maka semakin kecil siklus yang didapat dan sebaliknya. Batas lelah baja endurance limit baja karbon rendah berada pada tegangan 50% dari nilai ultimate tensile strengh sebesar 73N. Hasil analisis makro patahan permukaan menunjukan semakin besar beban maka semakin kasar bentuk permukaan patahan spesimen. kemudian semakin tinggi pengaruh putaran maka hasil bentuk permukaan semakin rata. Kata kunci : Uji fatigue, Rotary Bending, Baja karbon rendah , Endurance limit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:31
Last Modified: 16 Nov 2023 02:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17177

Actions (login required)

View Item View Item