STABILISASI LERENG BUATAN DENGAN PENAMBAHAN KAPUR MENGGUNAKAN PROGRAM KOMPUTER PLAXIS V.8.6 (Studi Kasus Kawasan Kantor Pemda Seluma, Talang Saling Kabupaten Seluma)

Kurniadi, Ary and Mawardi, Mawardi and Razali, Makmun Reza (2019) STABILISASI LERENG BUATAN DENGAN PENAMBAHAN KAPUR MENGGUNAKAN PROGRAM KOMPUTER PLAXIS V.8.6 (Studi Kasus Kawasan Kantor Pemda Seluma, Talang Saling Kabupaten Seluma). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI G1B013091 (ARY KURNIADI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB)

Abstract

Kabupaten Seluma sering terjadi peristiwa longsor dan salah satunya berada di kawasan Kantor Pemda Seluma. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stabilitas lereng dengan menggunakan Program Plaxis V.8.6, sehingga diketahui faktor keamanan (FK) dan jenis tanah. Penelitian dimulai dengan melakukan uji sifat fisis dan mekanik tanah, kemudian dilakukan analaisis stabilitas lereng dengan program Plaxis V.8.6 untuk mengetahui FK. Hasil pengujian sifat fisis tanah menunjukan bahwa tanah pada lereng dikawasan Kantor Pemda Seluma adalah tanah lempung. Perhitungan analisis stabilitas lereng menggunakan Plaxis V.8.6 dengan mempertimbangkan pengaruh air pori mendapatkan hasil yang paling aman pada tanah stabilisasi semen lereng 1 Kontur A, FK= 1,817 dengan kemiringan sudut lereng 34o . Lereng yang diteliti di kawasan Kantor Pemda Seluma semuanya rawan longsor atau tidak aman karena FK < 1,5. Berdasarkan hasil penelitian dari lereng yang paling aman disimpulkan bahwa nilai Faktor Keamanan (FK) tanah stabilisasi semen adalah 1,817 lebih besar dari nilai Faktor Keamanan (FK) Tanah pemadatan adalah 1,619 dan nilai Faktor Keamanan (FK) tanah pemadatan adalah 1,619 lebih besar dari nilai Faktor Keamanan (FK) tanah asli adalah 1,483 Kata Kunci : Plaxis, Faktor Aman (FK), Pemda Seluma, Stabilitas Lereng

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:30
Last Modified: 16 Nov 2023 03:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17186

Actions (login required)

View Item View Item