ANALISIS EFISIENSI PENYALURAN AIR IRIGASI PADA SALURAN SEKUNDER DAN TERSIER (Studi Kasus Daerah Irigasi Air Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan)

Febriansyah, Ilham and Besperi, Besperi and Amri, Khairul (2019) ANALISIS EFISIENSI PENYALURAN AIR IRIGASI PADA SALURAN SEKUNDER DAN TERSIER (Studi Kasus Daerah Irigasi Air Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ILHAM FEBRIANSYAH (G1B014001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Daerah Irigasi (DI) Air Kedurang terdapat saluran yang retak, tertutup oleh tanaman liar serta warga yang melakukan perubahan alih fungsi lahan. Maka, peneliti melakukan penelitian tentang efisiensi penyaluran air irigasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai efisiensi saluran sekunder dan saluran tersier, mengetahui nilai kehilangan air selama penyaluran, dan menganalisa faktor penyebab kehilangan air (evaporasi dan rembesan). Metode penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder, yaitu data skema irigasi dan evaporasi serta data primer mengukur debit masuk dan debit keluar sepanjang saluran menggunakan alat current meter. Hasil analisis yang didapat adalah nilai efisiensi rata-rata saluran sekunder sebesar 85,910 % tidak sesuai dengan efisiensi teoritis KP-01, yaitu saluran sekunder ≥ 90 % dan nilai efisiensi rata-rata saluran tersier sebesar 53,492 % tidak sesuai dengan efisiensi teoritis KP-01, yaitu saluran tersier ≥ 80 %. Persentase rata-rata kehilangan air pada saluran sekunder sebesar 14,090 % dan persentase rata�rata kehilangan air pada saluran tersier sebesar 46,508 %. Nilai kehilangan air pada saluran sekunder akibat evaporasi terbesar terdapat pada BM 1 dengan nilai 2,175 x 10-5 m 3 /det dan nilai kehilangan air pada saluran tersier akibat evaporasi terbesar terdapat pada M4 Kn dengan nilai 1,863 x 10-6 m 3 /det. Nilai rembesan terbesar pada saluran sekunder terdapat pada BM 2 dengan nilai 3,643 x 10-5 mm/hari dan nilai rembesan terbesar pada saluran tersier terdapat pada M5 KN dengan nilai 3,936 x 10-5 mm/hari. Kata Kunci : Efisiensi, Saluran Sekunder, Saluran Tersier

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:07
Last Modified: 16 Nov 2023 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17195

Actions (login required)

View Item View Item