ANALISIS DAN PERENCANAAN ULANG SALURAN DRAINASE DI KELURAHAN BENTIRING PERMAI KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PERUMAHAN EJUKHA RESIDENCE PERMAI)

Syaebani, Ridwan and Besperi, Besperi and Fauzi, Muhammad (2019) ANALISIS DAN PERENCANAAN ULANG SALURAN DRAINASE DI KELURAHAN BENTIRING PERMAI KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PERUMAHAN EJUKHA RESIDENCE PERMAI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan perumahan di perkotaan yang cukup pesat telah mengurangi area resapan air hujan sehinggamenyebabkan genangan air dan banjir.Salah satu kawasan perumahan di kota Bengkulu yang sering terjadi banjir adalah Perumahan Ejukha Residence Permai. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengevaluasi saluran drainase, banjir dan genangan air serta mendesain ulang saluran.Metode yang digunakan untuk membuat sistem jaringan drainasedengan permodelan EPA SWMM 5.1, dimana parameter sistem jaringan drainase dimasukan ke dalam model yang terdiri dari subcatchment, nodes junction, conduit, dan outfall nodes. Semua parameter nilai didapat dari pengukuran lapangan dan pengolahan curah hujan rencana. Hasil penelitian menunjukkan faktor terjadinya banjir adalah dimensi saluran yang kecil, sedimentasi pada sistem drainase, dan menumpuknya tanaman rumput liar pada saluran drainase.Ukuran saluran existing pada saluran C4 adalah dengan lebar 0,3 m, kedalaman 0,4 m dan saluran C34 adalah dengan lebar 0,3 m dan kedalaman 0,3 m. Setelah di redesign didapat ukuran saluran rencana pada saluran C4 adalah dengan lebar 0,6 m, kedalaman 0,6 m dan saluran C34 adalah dengan lebar 0,5 m dan kedalaman tetap 0,3 m. Desain saluran yang cocok untuk kedua saluran tersebut adalah saluran persegi terbuka dengan penambahan lebar dan kedalaman. Hasil running simulation SWMM 5.1 rencana periode 5 tahun sebesar 187,885 mm/jam menunjukkan saluran C4 dan C34 mengalami luapan banjir. Kata kunci : EPA SWMM, kapasitas saluran, limpasan,sistem saluran drainase, subcatchment

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:10
Last Modified: 16 Nov 2023 06:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17203

Actions (login required)

View Item View Item