EVALUASI KINERJA DAS AIR BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN METODE HSS NAKAYASU DAN PROGRAM HEC-RAS VERSI 5.0.1 (Studi Kasus DAS Air Bengkulu)

Parinduri, Rulintan Thaliana and Gunawan, Gusta and Amri, Khairul (2019) EVALUASI KINERJA DAS AIR BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN METODE HSS NAKAYASU DAN PROGRAM HEC-RAS VERSI 5.0.1 (Studi Kasus DAS Air Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RULINTAN THALIANA G1B014091.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kiriman air dari hulu Sungai Air Bengkulu mengakibatkan banjir menggenangi Kota Bengkulu. Banjir mengakibatkan kerugian bagi masyarakat. Daerah Aliran Sungai Bengkulu melewati Kecamatan Karang Tinggi dan Kecamatan Muara Bangkahulu. Dengan kondisi tataguna lahan DAS Air Bengkulu yang dulu berupa hutan berubah menjadi lahan perkebunan dan pemukiman menyebabkan terjadinya banjir pada musim hujan. Tujuan penelitian ini untuk menghitung debit puncak Sungai Air Bengkulu dan mengetahui kapasitas Sungai Air Bengkulu dalam menampung debit banjir yang lewat dengan aliran tak permanen. Untuk mengetahui kapasitas DAS Air Bengkulu, dilakukan analisa hidrologi menggunakan metode nakayassu dan analisa hidrolika menggunakan program HEC-RAS 5.1.0. Dari hasil analisis hidrologi diperoleh debit puncak pada DAS Air Bengkulu untuk periode ulang 100 tahun dengan metode HSS Nakayasu yaitu 1113,18 m 3 /detik. Data hasil analisis tersebut disimulasikan dengan menggunakan HEC-RAS 5.0.1. Dari simulasi tersebut dihasilkan kondisi pada periode ulang 2 tahun bawha masih mampu ditampung oleh penampang Sungai Air Bengkulu dan pada periode ulang 5 tahun sampai periode ulang 100 tahun sungai tidak mampu menampung debit banjir sehingga diperlukan upaya perbaikan untuk mengendalikan luapan Sungai Air Bengkulu. Kata Kunci : Periode Ulang, Hidrograf Satuan Sintetik Nakayasu, HEC-RAS 5.0.1, Debit Puncak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:14
Last Modified: 16 Nov 2023 06:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17204

Actions (login required)

View Item View Item