ANALISIS EFISIENSI DAN KEHILANGAN AIR PADA SALURAN PRIMER DAN SEKUNDER DAERAH IRIGASI AIR LAIS (Studi Kasus Desa Sido Luhur – Kuro Tidur, Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara)

Silvia, Sheilla and Besperi, Besperi and Amri, Khairul (2019) ANALISIS EFISIENSI DAN KEHILANGAN AIR PADA SALURAN PRIMER DAN SEKUNDER DAERAH IRIGASI AIR LAIS (Studi Kasus Desa Sido Luhur – Kuro Tidur, Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SHEILLA SILVIA (G1B014030).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Bendung Air Lais terletak di Desa Kuro Tidur Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara merupakan bendung yang memiliki jaringan primer dan sekunder. Daerah irigasi Air Lais banyak mengalami perubahan baik kondisi jaringan maupun bangunannya sehingga, mengalami penurunan fungsi jaringan irigasi yang mengakibatkan berkurangnya kebutuhan air di lahan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemakaian air agar dapat meningkatan pengelolaan jaringan irigasi yang efektif dan efisien pada area irigasi. Analisis efisiensi dan kehilangan air dilakukan dengan metode debit masuk dan debit keluar. Dari hasil analisis efisiensi yang telah dilakukan, diperoleh efisiensi rata-rata saluran primer sebesar 88,15% dengan persentasi kehilangan air sebesar 11,85% hasil ini tidak sesuai dengan efisiensi teoritis yang ditentukan KP-01 yaitu ≥ 90%. Sedangkan untuk efisiensi rata-rata saluran sekunder adalah 57,93% dengan persentase kehilangan air sebesar 27,8%, hasil ini tidak sesuai dengan efisiensi teoritis yang ditetapkan yaitu ≥ 90%. Ada beberapa faktor lainya yang menyebabkan terjadinya kehilangan air yaitu evaporasi dan rembesan. Nilai kehilangan air akibat evaporasi (penguapan) yang terjadi disepanjang saluran adalah 0,000429 m 3 /det. Nilai kehilangan air akibat rembesan terbesar adalah 1,94 x 10-4 mm/hari. Kata Kunci : Efisiensi, Kehilangan Air, Irigasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:26
Last Modified: 16 Nov 2023 06:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17207

Actions (login required)

View Item View Item