APLIKASI PENGAMANAN PESAN TEKS PADA CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN ADVANCE ENCRYPTION STANDARD (AES) 128 DAN LEAST SIGNIFICANT BIT-1 (LSB-1)

PUTRI, JAMELIA and Ernawati, Ernawati and Vatresia, Arie (2019) APLIKASI PENGAMANAN PESAN TEKS PADA CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN ADVANCE ENCRYPTION STANDARD (AES) 128 DAN LEAST SIGNIFICANT BIT-1 (LSB-1). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-G1A012017-JAMELIA PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kriptografi adalah teknik menyandikan informasi menjadi bentuk yang tidak terbaca (Kromodimoeljo, 2009), sedangkan steganografi adalah teknik menyembunyikan informasi kedalam sebuah media digital (Sutoyo, Mulyanto, Suhartono, Nurhayati, & Wijanarto, 2009). AES 128 merupakan salah satu algoritma kriptografi yang handal mengatasi teknik pemecahan sandi (Kurniawan, 2004), sedangkan algoritma steganografi LSB memiliki keunggulan dalam menstabilkan ukuran stego image dan menjaga kualitas stego image dengan baik (Andrian, 2013). Namun, pengiriman pesan teks secara elektronik masih rentan terhadap serangan yang dapat memecah kerahasiaan pesan (Wisnu, 2015). Penerapan AES 128 dan LSB-1 bertujuan untuk meningkatkan keamanan pesan. Pada penelitian ini, algoritma AES 128 dan inovasi algoritma LSB-1 telah dikombinasikan pada aplikasi pengamanan pesan teks pada citra digital. Stego image yang dihasilkan sistem berkualitas baik dan memiliki ukuran yang sama dengan cover image sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dan pesan dapat diamankan. Algoritma AES 128 dapat menghasilkan chipertext dan mendekripsikan kembali menjadi plaintext. Sementara LSB-1 mampu meng-embed chipertext kedalam citra digital(jpg,png, bmp, tif) dan mengekstrak pesan yang tersembunyi dalam citra tersebut. Kata kunci: pengamanan pesan, kriptografi, steganografi, AES 128, LSB-1.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:54
Last Modified: 16 Nov 2023 06:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17215

Actions (login required)

View Item View Item