IMPLEMENTASI METODE GREY LEVEL CO- OCCURRENCE MATRIX UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT PADA TANAMAN PADI BERDASARKAN CITRA DAUN PADI

SITEPU, KURNIA NURTRIANA and Efendi, Rusdi and Sariasih, Yenny (2019) IMPLEMENTASI METODE GREY LEVEL CO- OCCURRENCE MATRIX UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT PADA TANAMAN PADI BERDASARKAN CITRA DAUN PADI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tanaman Padi sawah (Oryza sativa L) merupakan bahan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Di Indonesia Kualitas tanaman padi perlu diperhatikan dalam upaya peningkatan produksi seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk. Tantangan dalam upaya peningkatan produksi padi adalah penyakit yang menyerang tanaman padi. Tujuan dari penilitian ini adalah membangun aplikasi yang dapat menindentifikasi penyakit tanaman padi menggunakan citra daun dengan metode Gray level Co-Occurrence Matrix. Penelitian ini terfokus pada empat jenis penyakit yaitu penyakit Bercak Coklat, Blast, Hawar Daun Bakteri, Dan Tungro. Aplikasi dibangun dengan bahasa pemograman Matlab dan dirancang dengan data Flow Diagram (DFD). Pengujian Fungsional sistem dengan menggunakan Black Box telah berhasil seratus persen. Pengujian akurasi implementasi metode Gray Level Co-Occurreence ini diuji tiga kali percobaan dari empat puluh citra uji daun padi yang berbeda. Akurasi pengujian dengan ekstrasi tekstur dan warna sebesar 37.5 persen. Pengujian kedua hanya menggunakan ektrasi tekstur sebesar 32.5 persen dan pengujian ketiga hanya menggunakan ektrasi warna sebesar 25 persen. Kata Kunci : Implementasi, Penyakit Padi, Gray Level Co-Occurrence.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:57
Last Modified: 16 Nov 2023 06:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17216

Actions (login required)

View Item View Item