PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA KONSEP BUNYI DI KELAS VIII.I SMP N 1 PONDOK KELAPA

Pradita, Angga and Indra, Sakti and Eko, Risdianto (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA KONSEP BUNYI DI KELAS VIII.I SMP N 1 PONDOK KELAPA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANGGA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Angga Pradita, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Bunyi Di Kelas VIII.i SMP N 1 Pondok Kelapa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika pada aspek sikap, aspek keterampilan dan aspek pengetahuan siswa serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada konsep bunyi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.i yang berjumlah 28 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada aspek sikap spiritual dan sosial pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal spiritual 85, 71% dengan nilai rata-rata 3,00 dalam kategori B dan sosial 85,71% dengan nilai rata-rata 3,00 dalam kategori B; siklus II diperoleh ketuntasan klasikal spiritual 89,28% dengan nilai rata-rata 3,01 dalam kategori B dan sosial 89,28% dengan nilai rata-rata 3,04 dalam kategori B; siklus III diperoleh ketuntasan klasikal spiritual 96,42% dengan nilai rata-rata 3,13 dalam kategori B dan sosial 96,42% dengan nilai rata-rata 3,12 dalam kategori B.Hasil belajar siswa pada aspek keterampilan pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 75% dengan nilai rata-rata 3,10 dalam kategori B; siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 89,28% belajar yaitu dengan nilai rata-rata 3,20 dalam kategori B+; siklus III diperoleh ketuntasan klasikal 96,42% dengan nilai rata-rata 3,23 dalam kategori B+. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 67,85% belajar yaitu dengan nilai rata-rata 2,80 dalam kategori B-; siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 85,71% dengan nilai rata-rata 3,03 dalam kategori B; siklus III diperoleh ketuntasan klasikal 100% belajar yaitu dengan nilai rata-rata 3,40 dalam kategori B+. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada siklus I dengan rata-rata skor 55 dalam kategori baik; pada siklus II dengan rata-rata skor 57 dalam kategori baik; dan siklus III dengan rata-rata skor 57 dalam kategori baik. Kata kunci : Hasil Belajar, Cooperatif Learning type STAD, Eksperimen, Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 25 Oct 2018 17:22
Last Modified: 25 Oct 2018 17:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17220

Actions (login required)

View Item View Item