PERANCANGAN SISTEM ANALISA PERBEDAAN GELOMBANG OTAK PADA PEMBACA BUKU CETAK DAN BUKU DIGITAL Diajukan untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan Pendidikan Tingkat Sarjana (S1)

HANDOKO, BAMBANG and Santosa, Hendy and Rinaldi, Reza Satria (2019) PERANCANGAN SISTEM ANALISA PERBEDAAN GELOMBANG OTAK PADA PEMBACA BUKU CETAK DAN BUKU DIGITAL Diajukan untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan Pendidikan Tingkat Sarjana (S1). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Bambang Handoko - G1D014040.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Membaca merupakan proses penerimaan informasi yang umum dilakukan. Seiring berkembangnya teknologi, membaca tidak hanya dilakukan melalui media buku cetak tetapi juga buku digital. Proses penerimaan informasi dalam proses membaca diatur oleh otak. Didalam otak terdapat 100 juta sel-sel neuron yang mengirimkan informasi berbentuk pulsa listrik ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan. Hal inilah yang membangkitkan gelombang otak. Dengan adanya 2 jenis bahan bacaan, pada penelitian ini dilakukan perbandingan pancaran gelombang otak pada saat pembacaan media baca buku cetak dan buku digital menggunakan media sensor electroencephalograph (EEG) dan aplikasi matlab. Media baca yang digunakan pada penelitian ini adalah novel cetak dan digital serta buku cetak dan buku digital. Metode transformasi yang digunakan adalah wavelet transform (WT) dan fast fourier transform (FFT). WT dan FFT yang digunakan adalah toolbox yang tersedia di matlab. Setelah dilakukan pengujian diketahui bahwa tingkat konsentrasi dan ketenangan responden lebih tinggi pada saat membaca novel dan buku cetak dibandingan buku digital. Berdasarkan hasil WT, gelombang dengan intensitas kemunculan tertinggi adalah gelombang dengan range theta (θ) hingga beta (β). diketahui bahwa Pada pembacaan novel cetak rata�rata frekuensi tertinggi adalah 19,056 Hz, pada pembacaan novel digital, rata-rata nilai frekuensi tertinggi adalah 16,53 Hz. Pada pembacaan buku cetak, rata-rata nilai frekuensi tertinggi adalah 18,476 Hz, dan pada pembacaan buku digital, rata�rata nilai frekuensi pada kondisi gelombang β adalah 16,744 Hz. Berdasarkan hasil FFT, gelombang dengan intensitas kemunculan tertinggi adalah gelombang θ. Pada pembacaan novel cetak frekuensi rata-rata untuk gelombang θ adalah 5,0879 Hz, untuk pembacaan novel digital frekuensi rata-rata gelombang θ adalah 4,99 Hz. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa pembacaan buku cetak mempunyai frekuensi rata-rata untuk gelombang θ adalah 5,027 Hz sedangkan untuk pembacaan novel digital frekuensi rata-rata yang direkam untuk gelombang θ adalah 5, 031 Hz. Kata Kunci : gelombang otak, buku cetak, buku digital, electroencephalograph, wavelet transform, fast fourier transform

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:28
Last Modified: 16 Nov 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17223

Actions (login required)

View Item View Item