ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM MULTIPLE-INPUT SINGLE-OUTPUT (MISO) DC – DC CONVERTER PADA SISTEM PEMBANGKIT ENERGI TERBARUKAN HYBRID RUMAH ENERGI TERBARUKAN

PUTRA, ARNOLDY SUGONDO and Herawati, Afriyastuti and Rinaldi, Reza Satria (2023) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM MULTIPLE-INPUT SINGLE-OUTPUT (MISO) DC – DC CONVERTER PADA SISTEM PEMBANGKIT ENERGI TERBARUKAN HYBRID RUMAH ENERGI TERBARUKAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Arnoldy-1 - Arnoldy Sugondo Putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan pemanfaatan sumber energi terbarukan saat ini telah meningkat secara signifikan. Penggunaan energi terbarukan juga diiringi dengan pertumbuhan teknologi elektronika yang semakin canggih. Sumber energi terbarukan PLTS memiliki kelemahan seperti pada saat musim hujan karena sinar matahari memiliki intensitas cahaya yang sangat rendah sehingga dibutuhkan alternative untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara untuk mendapatkan sumber energi yang optimal yaitu dengan menggabungkan sumber energi terbarukan dengan sistem hybrid, Sehingga diperlukan suatu sistem converter untuk menggabungkan tegangan keluaran sumber pembangkit dan meregulasikan tegangan. Tujuan penelitian adalah untuk merancang sistem Multiple-Input dc-dc converter sebagai proses untuk pengisian baterai. Pada pengoperasian multiple-input converter dilakukan dengan mengatur duty cycle modulator PWM pada kedua mosfet yang dipasang pada masing masing sumber. Nilai tegangan keluaran multiple-input converter dijaga konstan dengan mode constant voltage agar proses pengisian baterai dapat dilakukan dengan efektif dengan tegangan konstan sebesar 13,71 Volt. Nilai daya terendah terdapat pada pukul 06:30 WIB yaitu sebesar 5,571 Watt dan nilai daya tertinggi terdapat pada pukul 17:30 WIB dengan nilai yaitu 33,1264 Watt. Pada implementasi dapat dibuktikan dengan menggunakan dua sumber tegangan yaitu PLTS dan power supply dengan daya PLTS yang berubah-ubah, tegangan keluaran multiple-input tetap terjaga dengan mode constant voltage. Kata Kunci : Energi Terbarukan, Multiple-Input, Pengisian Baterai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:20
Last Modified: 20 Nov 2023 04:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17269

Actions (login required)

View Item View Item