IMPLEMENTASI FUZZY INFERENCE SYSTEM DALAM MENENTUKAN PRIORITAS PEMILIHAN LAHAN TANAH DALAM MEMBANGUN PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE TSUKAMOTO (STUDI KASUS: PT. SAMAWA GHANIYAH PROPERTY)

SUCI, NABILAH GHINANTI and Efendi, Rusdi and Yusa, Mochammad (2023) IMPLEMENTASI FUZZY INFERENCE SYSTEM DALAM MENENTUKAN PRIORITAS PEMILIHAN LAHAN TANAH DALAM MEMBANGUN PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE TSUKAMOTO (STUDI KASUS: PT. SAMAWA GHANIYAH PROPERTY). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
230127 Skripsi Nabilah G. Suci - Nabilah GS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh PT. Samawa Ghahiyah Property adalah kesulitan dalam menentukan lahan mana yang dipilih untuk dibangun perumahan. Pemilihan lahan yang tepat juga akan mempengaruhi keuntungan yang akan diraih oleh perusahaan. Dalam menentukan sebuah lahan bagus untuk dibangun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya yaitu bagaimana harganya, bagaimana posisi lahannya, dan bagaimana keadaan lahan tersebut. Dalam memasukan data, seperti apakah lokasi lahan tersebut pada fasilitas umum jauh atau tidak, apakah tanah tersebut luas atau sempit, atau apakah harganya tinggi atau rendah, tentu setiap individu memiliki prespektif yang berbeda-beda. Perbedaan presepektif tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan metode logika fuzzy. Bedasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini menghasilkan sebuah sistem berbasis website untuk membantu PT. Samawa Ghaniyah Property dalam menentukan lahan. Dalam penelitian ini, digunakan metode Fuzzy Inference System, yaitu Fuzzy Tsukamoto. Dengan menggunakan sample perumahan yang telah berjalan untuk pengujian, Fuzzy Tsukamoto terbukti dapat menyelesaikan permasalahan dalam pemilihan lahan mana yang akan dipilih untuk dibangun perumahan. Kata kunci: Kecerdasan buatan, Fuzzy inference system, Tsukamoto, Lahan, Perumahan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:25
Last Modified: 20 Nov 2023 06:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17280

Actions (login required)

View Item View Item