PENERAPAN METODE VARIABLE-CENTERED INTELLIGENT RULE SYSTEM (VCIRS) DAN CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI HAMA TANAMAN SORGUM

MASYITA, FEBRIDILA NURUL and Andreswari, Desi and Ginting, Sempurna (2023) PENERAPAN METODE VARIABLE-CENTERED INTELLIGENT RULE SYSTEM (VCIRS) DAN CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI HAMA TANAMAN SORGUM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
FEBRIDILA NURUL MASYITA - febridila nurul.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Produksi bahan pangan lokal, khususnya sorgum, dapat dimanfaatkan sebagai peragaman pangan pokok beras serta meminimalisir konsumsi gandum, mengingat terbatasnya pasokan lahan sawah. Sorgum toleran terhadap tanah yang tidak subur. Akan tetapi dalam proses budidaya sorgum terdapat hambatan yaitu adanya hama yang serangannya dapat menghabiskan hasil tanam. Perihal yang kerap terjadi, banyak kerugian yang disebabkan oleh terdapatnya hama tumbuhan yang terlambat buat diidentifikasi serta telah menggapai tahap yang parah serta menimbulkan terbentuknya gagal panen. Untukaitu, diperlukanasuatu sistemayang dapatDmengidentifikasi hama tanaman sorgum hingga memberikan solusi penanganannya. Salah satunya dengan sistem ini yang menerapkanDmetode Variable-Centered Intelligent Rule System dan CertaintyaFactor berbasis web. Sehingga, sistem ini dapat menjembatani petani untuk menyelesaikan permasalahannya tanpa harus bertemu langsung dengan ahlinya. Berdasarkan hasil pengujian dari 26 data uji pada hama tanaman sorgum, sistem ini memiliki nilai akurasi sebesar 96% sehingga dapat disimpulkan sistem ini dapat meng identifikasi hama tanaman sorgum dengan baik. Kata Kunci: Sorgum, Hama, Variable-Centered Intelligent Rule System, Certainty Factor, dan Sistem Pakar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:41
Last Modified: 20 Nov 2023 06:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17284

Actions (login required)

View Item View Item