SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI HUKUM TRANSAKSI JUAL BELI DALAM ISLAM MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (STUDI KASUS: JUAL BELI DI MARKETPLACE)

CHAIDIRRAHMAN, CHAIDIRRAHMAN and Efendi, Rusdi and Sari, Julia Purnama (2023) SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI HUKUM TRANSAKSI JUAL BELI DALAM ISLAM MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (STUDI KASUS: JUAL BELI DI MARKETPLACE). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
G1A016004 CHAIDIRRAHMAN - SKRIPSI (compress) - Chaidirrahman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Sistem Pakar Identifikasi Hukum Transaksi Jual Beli Dalam Islam merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengetahui hukum transaksi jual beli dalam Islam dengan cara mengidentifikasi ciri-ciri transaksi yang dilakukan. Ciri-ciri tersebut kemudian dijadikan sebagai fakta-fakta untuk diproses menggunakan metode forward chaining. Fakta-fakta tersebut akan diolah menjadi sebuah kesimpulan berupa hukum transaksi jual beli berdasarkan hukum Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Hadis. Fakta-fakta transaksi akan disusun menjadi aturan-aturan yang akan menghasilkan suatu kesimpulan dengan metode forward chaining sebagai mesin inferensi yang digunakan. Batasan masalah penentuan hukum transaksi jual beli berdasarkan status kepemilikan barang, jenis barang yang dijual belikan, Kesesuaian barang yang dijual belikan, dan sistem pembayaran yang digunakan dengan pengetahuan bersumber dari hukum yang berlaku di Indonesia, hukum agama yang bersumber dari fatwa MUI dan buku dengan judul Harta Haram Muamalat Kontemporer karya Dr. Erwandi Tarmizi, MA seorang pakar muamalat kontemporer serta arahan dari pakar yaitu Muhammad Hafizh Lc. Hasil dalam penelitian ini berupa hukum transaksi jual beli halal/haram beserta perinciannya berupa dalil yang melandasi penentuan hukum tersebut serta solusi jika hukum transaksi yang dilakukan tergolong sebagai transaksi yang haram. Kata Kunci: Sistem Pakar, Hukum Transaksi Jual Beli dalam Islam, Forward Chaining.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:45
Last Modified: 20 Nov 2023 06:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

View Item View Item