DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING PADA SISTEM RENCANA BISNIS DAN ANGGARAN (RBA) BERBASIS WEB (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU)

AFRIANDA, DERI and Ernawati, Ernawati and Rinaldi, Reza Satria (2023) DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING PADA SISTEM RENCANA BISNIS DAN ANGGARAN (RBA) BERBASIS WEB (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_DERI - Deri Afrianda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Setiap tahun unit kerja dalam hal ini Fakultas Teknik Universitas Bengkulu (FT-UNIB) mempunyai anggaran biaya yang akan dialokasikan ke setiap subunit di FT-UNIB. Saat ini proses penyusunan RBA mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Tahun 2021. Saat proses penyusunan RBA seringkali subunit kurang memahami aturan yang berlaku dalam mengelola anggaran yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengimplementasikan sistem pakar menggunakan Forward Chaining pada sistem Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) berbasis web. Dan juga bertujuan untuk menyusun aturan-aturan (rules) yang menghubungkan antara kegiatan, jenis belanja dan biaya dalam penyusunan RBA. Luaran yang dihasilkan berupa sistem pakar Rencana Bisnis dan Anggaran Fakultas Teknik Universitas Bengkulu menggunakan metode Forward Chaining yang berguna membantu user (subunit) dalam mengajukan Rencana Bisnis dan Anggaran. Selain itu juga terdapat luaran berupa pemetaan kata kunci untuk setiap kegiatan terhadap kode output yang tersedia di Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Dan luaran berupa pemetaan kata kunci untuk setiap belanja terhadap MAK pada Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Kata Kunci: Sistem Pakar, Forward Chaining, Rencana Bisnis dan Anggaran, Standar Biaya Masukan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:28
Last Modified: 20 Nov 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17296

Actions (login required)

View Item View Item