SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE VARIABLE CENTERED INTELLIGENT RULE SYSTEM (VCIRS) UNTUK MENGIDENTIFIKASI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KOPI ROBUSTA BERBASIS WEB

Rosalina, Etia and Efendi, Rusdi and Zarkani, Agustin (2023) SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE VARIABLE CENTERED INTELLIGENT RULE SYSTEM (VCIRS) UNTUK MENGIDENTIFIKASI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KOPI ROBUSTA BERBASIS WEB. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Etia Rosalina_G1A018011_2023 - Etia Rosalina53.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi (Coffea sp.) terbesar di dunia. Pada tahun 2012 Indonesia dapat memproduksi kopi sebesar 6,6% dengan produksi kopi robusta mencapai 80,4% dan kopi jenis arabika mencapai 19,6%. Tanaman kopi menjadi salah satu devisa negara, sumber penghasilan petani dan penciptaan lapangan pekerjaan. Dalam produksi kopi terdapat kendala yang disebabkan oleh serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) hama dan penyakit yang menjadi salah satu penyebab menurunnya kualitas kopi. Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengidentifikasi hama dan penyakit tanaman kopi robusta dengan menerapkan metode Variable Centered Intelligent Rule System (VCIRS) dan Certainty Factor (CF) berbasis web. Sehingga, sistem ini dapat membantu petani dalam menyelesaikan permasalahan tanpa harus bertemu dengan pakar secara langsung. Hasil pengujian dari 52 data uji yang dilakukan, sistem ini mampu mengidentifikasi hama dan penyakit dengan tepat dengan nilai akurasi sebesar 94,23%. Dapat disimpulkan sistem ini dapat mengidentifikasi hama dan penyakit tanaman kopi dengan baik. Kata kunci : Kopi Robusta, Hama, Penyakit, Sistem Pakar, Variable Centered Intelligent Rule System, Certainty Factor.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:31
Last Modified: 20 Nov 2023 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17297

Actions (login required)

View Item View Item