PENGUKURAN TINGKAT KESADARAN PEGAWAI TERHADAP KEAMANAN INFOMASI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN METODE MULTIPLE CRITERIA DECISION ANALYSIS (MCDA)

PRASETYO, DESVIANSYAH YOGA and Utama, Ferzha Putra and Farady, Funny (2023) PENGUKURAN TINGKAT KESADARAN PEGAWAI TERHADAP KEAMANAN INFOMASI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN METODE MULTIPLE CRITERIA DECISION ANALYSIS (MCDA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_G1F018002_Desviansyah_Yoga _Prasetyo - Desviansyah Yoga.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Dalam penyelenggaraannya pegawai Dukcapil Kota Bengkulu yang bertugas sebagai pengolah data infomasi masyakarat Kota Bengkulu. Dukcapil telah menerapkan teknologi informasi untuk mendukung proses pengolahan data informasi salah satunya, Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (Slawe) dan Sistem Administrasi Kependudukan (Siak). Kesadaran akan keamanan informasi merupakan salah satu faktor penting didalam pemanfaatan teknologi tersebut. Tingkat kesadaran yang rendah akan mengakibatkan banyaknya insiden keamanan informasi yang muncul. Penelitian ini melakukan pengukuran tingkat kesadaran Pegawai Dukcapil Kota Bengkulu terhadap keamanan informasi. Pengukuran masalah ini dilakukan melalui tiga dimensi kesadaran yaitu attitude, behavior, dan knowledge yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran, dengan demikian dapat ditentukan tindakan yang harus dilakukan agar mengedukasi yang kurang dan mempertahankan yang sudah baik dari hasil presentase akhir. Metode yang digunakan adalah metode Multiple Criteria Decision Analysis (MCDA). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran keamanan informasi Pegawai Dukcapil Kota Bengkulu berada pada level “sedang” dengan nilai 79%. Dari tiga dimensi yang diukur sudah berada pada level yang sedang. Hasil tersebut menunjukkan perlu adanya perhatian khusus untuk mempertahankan level kesadaran keamanan informasi yang sudah baik. Kata Kunci: Keamanan Informasi, MCDA, Kesadaran Keamanan, Dukcapil Kota Bengkulu, Slawe, Siak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:39
Last Modified: 20 Nov 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17299

Actions (login required)

View Item View Item