PENGUKURAN CAPABILITY LEVEL TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 2019 (STUDI KASUS : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN REJANG LEBONG)

Amal, Ikhlashul and Erlansari, Aan and Wijanarko, Andang (2023) PENGUKURAN CAPABILITY LEVEL TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 2019 (STUDI KASUS : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN REJANG LEBONG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Ikhlashul_Amal_G1F018020_compressed - Ikhlashul Amal.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Saat ini teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting bagi suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuannya. Dinas Komunikasi dan Informatika yang selanjutnya disebut Diskominfo adalah perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan Pemerintahan Daerah di bidang komunikasi dan informatika, bidang persandian, dan bidang statistik. Saat ini pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rejang Lebong sudah menerapkan tata kelola teknologi informasi ditandai dengan sudah diterapkannya SPBE pada Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong, kemudian telah menggunakan aplikasi berbasis elektronik sesuai klasifikasi e-government, dan penerapan Standard Operating Procedure (SOP) terkait kebijakan kebijakan tata kelola yang berlaku. Namun terdapat beberapa permasalahan pada Diskominfo Kabupaten Rejang Lebong, yaitu masalah mengenai sumber daya manusia, aset dan pengawasan. Oleh karena itu perlu dilakukannya pengukuran capability level tata kelola TI yang Bertujuan untuk mengetahui tingkat kapabilitas dan memberikan rekomendasi tata kelola TI menggunakan kerangka kerja COBIT 2019. Berdasarkan hasil penilaian pada COBIT 2019, capability level tata kelola TI pada Diskominfo Kabupaten Rejang Lebong berada pada level 1 yaitu Performed Process yang berarti proses yang diimplementasikan berhasil mencapai tujuannya. Agar tata kelola TI pada Diskominfo Kabupaten Rejang Lebong dapat mencapai capability level yang diingkan yaitu di level 3 (Established Process), maka rekomendasi yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan SDM yang ada sekarang, dilibatkannya Diskominfo itu sendiri dalam mengelola SDM, membuat daftar prioritas untuk pemasangan dan pengembangan aplikasi berbasis elektronik, dan menetapkan Standard Operational Procedure yang berkaitan dengan target kinerja dan kesesuaian. Kata-kunci: Tingkat Kapabilitas, Aktivitas Proses Penilaian, Tata Kelola Teknologi Informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:44
Last Modified: 20 Nov 2023 07:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17300

Actions (login required)

View Item View Item