ANALISIS DAN PERBAIKAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI SEPIA (SISTEM ELEKTRONIK PEGAWAI TIDAK TETAP) DENGAN PENDEKATAN UEQ (USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE) DAN HUMAN-CENTERED DESIGN

AJHY, PEBRY and Andreswari, Desi and Yusa, Mochammad (2023) ANALISIS DAN PERBAIKAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI SEPIA (SISTEM ELEKTRONIK PEGAWAI TIDAK TETAP) DENGAN PENDEKATAN UEQ (USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE) DAN HUMAN-CENTERED DESIGN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SRKRIPSI G1F018010 PEBRY AJHY - Pebry Ajhy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

SEPIA (sistem elektronik pegawai tidak tetap), merupakan aplikasi e-absen atau absensi online yang dibuat oleh DISKOMINFOSAN (Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian) provinsi Bengkulu untuk membantu pegawai dalam melakukan absensi online serta membantu atasan (ASN) dalam memonitoring kinerja pegawai-pegawai tidak tetap dalam melaksanakan tugas dan kerja yang nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi kinerja kantor dinas. Sejak aplikasi ini dibuat pada tahun 2021 lalu Saat ini SEPIA hanya digunakan pada DISKOMINFOSAN saja. Pada penerapan SEPIA, peneliti menemukan beberapa kendala yang dihimpun dari beberapa user, seperti beberapa fitur yang tidak berfungsi dengan baik, inkonsistensi warna dan penngunaannya yang kurang baik, tata letak tombol yang kurang baik, dan konten yang tidak tersusun dengan rapi. Karen demikian, penelitii melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat usability dan tingkat pengalaman pengguna aplikasi SEPIA dengan mengukur pada 4 aspek yakni aspek efektifitas, efisiensi, kepuasan dan pengalaman pengguna-nya. Secara garis besar tahapan evaluasi meliputi evaluasi design lama SEPIA dan desain solusi. Perbaikan desain lama didasari oleh hasil evaluasi desain lama yang pada beberapa aspek menunjukkan hasil yang kurang baik. Setelah dilakukannya perbaikan dengan metode Human Centered Design, didapat hasil peningkatan yang signifikan dari segi usability maupun segi pengalaman pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa rancangan desain solusi sudah lebih baik di semua aspek baik pada usability maupun pengalaman penggunanya. Kata-kunci: user experience, human-centered design, UEQ, usability testing, absensi online.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:56
Last Modified: 20 Nov 2023 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17303

Actions (login required)

View Item View Item