EVALUASI KEAMANAN SISTEM INFORMASI BADAN PENDAPATAN DAERAH (SIBABE) MENGGUNAKAN METODE VAPT PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH (BAPENDA) KOTA BENGKULU

Ramadhani, Wahyu and Erlanshari, Aan and Farady, Funny (2023) EVALUASI KEAMANAN SISTEM INFORMASI BADAN PENDAPATAN DAERAH (SIBABE) MENGGUNAKAN METODE VAPT PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH (BAPENDA) KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
WAHYU RAMADHANI G1F018027 - skripsi - Wahyu Ramadhani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Badan pendapatan daerah (BAPENDA) Kota Bengkulu adalah unsur penunjang Urusan Pemerintahan di bidang keuangan atau pendapatan yang menjadi kewenangan daerah. Dalam menjalankan tugas tersebut BAPENDA menggunakan sistem informasi berbasis web, salah satu sistem yang digunakan adalah SIBABE. Sistem informasi berbasis web tidak lepas dari celah keamanan yang dapat disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Penyalahgunaan dapat bersifat material maupun non material, kerugian dapat menyebabkan proses bisnis BAPENDA terganggu bahkan hingga terhenti. Untuk mengidentifikasi celah keamanan ini digunakan metode VAPT(Vulnerability Assessment & Penetration Testing) Vulnerability Assessment menggunakan alat otomatis sedangkan Penetration Testing menggunakan metode black box testing. Dari hasil pengujian ditemukan beberapa celah kemanan yang dapat menggangu SIBABE. Akan tetapi celah keamanan yang ditemukan tidak dapat di eksploitasi lebih lanjut untuk mendapatkan hak akses ke SIBABE. Hal ini membuktikan bahwa SIBABE telah memiliki keamanan cukup baik. Pada penelitian ini juga dijabarkan rekomendasi perbaikan celah kemanan sekaligus implementasi perbaikan celah kemanan. Kata-kunci: SIBABE, Keamanan informasi, Eksploitasi, VAPT.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:59
Last Modified: 20 Nov 2023 07:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17304

Actions (login required)

View Item View Item