PENGARUH KOMPOSISI DAN FRAKSI VOLUME TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS KOMPOSIT PAPAN PARTIKEL DARI SERBUK KAYU SENGON (ALBIZIA FALCATARIA) DAN SERBUK TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)

KURNIAWAN, SANDI and Hestiawan, Hendri and Sofwan, Sofwan (2023) PENGARUH KOMPOSISI DAN FRAKSI VOLUME TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS KOMPOSIT PAPAN PARTIKEL DARI SERBUK KAYU SENGON (ALBIZIA FALCATARIA) DAN SERBUK TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Hasil sandii alhamdulillah - skripsi sandi kurniawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan manusia terhadap kayu mengalami peningkatan, masyarakat memanfaatkan kayu sengon sebagai bahan utama bangunan. Bahan kayu dipilih karena kayu sengon sendiri memiliki beberapa kelebihan diantaranya: ringan, tahan terhadap gempa, serta mudah dalam pelaksanaan dan pengerjaan industri. Umumnya limbah padat industri kelapa sawit mengandung bahan organik seperti lignoselulosa dan berdampak pada lingkungan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mempelajari, memanfaatkan dan menganalisa sifat dari papan partikel dengan campuran serbuk kayu sengon dan serbuk tandan kosong kelapa sawit Bahan yang digunakan pada penelitian ini yaitu serbuk kayu sengon, serbuk tandan kosong kelapa sawit, resin, katalis dan air. Metode yang digunakan yaitu Compression Molding dimana papan partikel di kempa dengan tekanan 200 kg selama 15 menit dan didiamkan selama 1x24 jam. Metode pengujian dan standar sifat fisis (kerapatan, kadar air) dan mekanik (uji bending, uji tarik) mengacu pada SNI. 03-2105-2006. Perbandingan campuran dari serbuk kayu sengon dan serbuk tandan kosong kelapa sawit dengan variasi 0% : 100%, 25% : 75%, 50% : 50%, 75% : 25% dan 100% : 0%, ditambah percampuran perekat urea formadehida dengan kosentrasi 0,5% dan air setengah dari resin yang digunakan. Hasil dari penelitian pada pengujin kerapataan menunjukkan bahwa tidak memenuhi SNI papan partikel dikarenakan metode yang digunakan tanpa ada pengempaan panas sehingga massa atau berat jenis yang terkandung dalam papan partikel tersebut masih tinggi, untuk pengujin kadar air yang paling baik yakni terjadi pada fraksi volume (fv) 40% dan 50%. Papan partikel yang terbuat dari 100% serbuk kayu sengon dengan fraksi volume (fv) 30% mendapatkan tegangan bending 9,6 MPa, fv 40% 8,9 MPa dan fv 50% mendapatkan 7,6 MPa. Tegangan tarik dengan fv 30% mendapatkan nilai 4,1 MPa, fv40% 3,6 MPa dan fv 50% mendapatkan 2,9 MPa. Penambahan serbuk kayu dapat meningkatkan kekuatan mekanik dan kekuatan perekat dibandingkan penambahan serbuk sawit dikarenakan tingginya kandungan zat ekstraktif dan asam lemak yang dapat menurunkan sifat perekat dalam pembuatan papan partikel. Kata Kunci :Serbuk kayu sengon, Serbuk tandan kosong kelapa sawit, Papan Partikel, Fraksi Volume.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:11
Last Modified: 21 Nov 2023 02:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17305

Actions (login required)

View Item View Item