Indriyatno, Nofa and Sri, Dadi and Resnani, Resnani (2016) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 99 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
![]() |
Archive (Thesis)
SKRIPSI NOFA INDRIYATNO (A1G010047) PGSD.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua (X) dengan disiplin belajar (Y) siswa kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 56 orang siswa SD Negeri 99 Kota Bengkulu tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah sampel penuh yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 56 orang. Instrumen penelitian berupa lembar angket. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket yang telah diuji validasi dan reliabilitas dengan jumlah 36 item pertanyaan angket perhatian orang tua dan 34 item pertanyaan angket disiplin belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus “Korelasi Product Moment”. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai rhitung 0,828 lebih besar dari rtabel 0,266 dengan taraf signifikan 5%. Diketahui nilai rhitung ≥ nilai rtabel dan thitung ≥ ttabel. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan peneliti terbukti dan diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Perhatian orang tua dengan disiplin belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rahmawati |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 04:41 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 04:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |