UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS RUAS JALAN LETKOL ISKANDAR DAN PENAMBAHAN RUAS JALAN BARU SEBAGAI ALTERNATIF SAAT HARI BEBAS KENDARAAN DI JALAN SOEPRAPTO

AGUSTIN, KARINA and Hardiansyah, Hardiansyah and Gunawan, Gusta (2023) UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS RUAS JALAN LETKOL ISKANDAR DAN PENAMBAHAN RUAS JALAN BARU SEBAGAI ALTERNATIF SAAT HARI BEBAS KENDARAAN DI JALAN SOEPRAPTO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Karina Agustin_G1B018020 - Karina Agustin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memodelkan jaringan jalan di Kawasan Jalan Soeprapto dan Jalan Jend. Sudirman Kota Bengkulu untuk mengetahui kinerja jaringan jalan akibat putusnya ruas jalan karena diberlakukannya kebijakan hari bebas kendaraan. Pemodelan jaringan jalan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan skenario pembangunan jalan baru dan penambahan kapasitas jalan dengan menggunakan software ZIN Macrosimulation. Penelitian ini diawali dengan survei geometrik jalan dan survei arus lalu lintas di enam zona untuk mengetahui kinerja jaringan jalan pada saat kondisi eksisting. Selain itu, dilakukan penyebaran kuesioner penelitian kepada masyarakat yang melewati kawasan Jalan Soeprapto dan Jalan Jend. Sudirman. Analisis kuesioner penelitian menunjukkan bahwa responden setuju dengan rencana skenario yang akan dilakukan. Selain itu, diperoleh arah pergerakan pengendara dalam menentukan rute alternatif tercepat ketika ruas Jalan Soeprapto dan Jalan Jend. Sudirman ditutup akibat kebijakan hari bebas kendaraan. Hasil analisis pemodelan jaringan jalan kondisi eksisting dan skenario 1 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai derajat kejenuhan tertinggi pada ruas Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Letkol Santosa dengan nilai derajat kejenuhan yang awalnya 0,14 dan 0,16 menjadi 0,26 dengan tingkat pelayanan A. Hal ini menunjukkan bahwa dibutuhkan solusi untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas saat diberlakukannya kebijakan hari bebas kendaraan dikawasan jalan tersebut. Hasil pemodelan jaringan jalan dengan modifikasi ruas jalan menunjukkan nilai derajat kejenuhan yang lebih stabil dari nilai derajat kejenuhan pada kondisi eksisting di lapangan. Hal ini menunjukkan bahwa jaringan jalan dengan skenario merupakan solusi terbaik untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas saat diberlakukannya kebijakan hari bebas kendaraan pada ruas Jalan Soeprapto dan Jalan Jend. Sudirman. Kata Kunci: Rute Alternatif, Hari Bebas Kendaraan, ZIN Macrosimulation, Pemodelan Jaringan Jalan, Kinerja Jaringan Jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:16
Last Modified: 21 Nov 2023 03:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17320

Actions (login required)

View Item View Item