ANALISIS PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG DI UNIVERSITAS BENGKULU (Studi Kasus Gedung Kuliah Bersama Universitas Bengkulu)

FLORA, MIA TRESSIA and Edriani, Annisa Fitria and Amri, Khairul (2023) ANALISIS PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG DI UNIVERSITAS BENGKULU (Studi Kasus Gedung Kuliah Bersama Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_MIA TRESSIA FLORA A_ANALISIS PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG DI UNIVERSITAS BENGKULU _compressed - Mia Tressiaa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pemeliharaan bangunan gedung bertujuan untuk memastikan bahwa bangunan gedung mencapai fungsional sesuai persyaratan dan keinginan pemilik dan pengguna gedung. Kurangnya perhatian atau tidak sesuainya kegiatan pemeliharaan yang dilakukan menyebabkan suatu kondisi atau dampak negatif, yaitu menurunnya tingkat produktifitas kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Gedung Kuliah Bersama di Universitas Bengkulu ini merupakan tempat kegiatan pembelajaran utama Mahasiswa Universitas Bengkulu. Untuk menjaga kenyamanan mahasiswa dalam proses belajar, Gedung Kuliah Bersama (GKB) perlu diperhatikan pemeliharaannya dengan menganalisis perawatan dan pemeliharan Gedung Kuliah Bersama terhadap Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2008 tentang pedoman pemeliharaan gedung dan mengetahui pandangan pengelola gedung mengenai anggaran biaya pemeliharan, Gedung Kuliah Bersama (GKB) Universitas Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 12 orang dengan menyebarkan kuesioner kepada staf Rumah Tangga (RT) dan koordinator lapangan pemeliharaan kebersihan gedung dari PT. Damar Outsourching Anugrah. Metode penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dengan uji persyaratan berupa uji validitas dan reliabilitas untuk menganalisis data hasil penyebaran kuesioner 12 responden menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan rata-rata jawaban 4,44 (Sangat Setuju), yang mana komponen pemeliharaan gedung dari struktur organisasi, pemeliharaan elektrikal hingga komponen arsitektur yang telah dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2008, walaupun demikian masih terdapat kekurangan dalam fasilitas dalam Gedung Kuliah Bersama di Universitas Bengkulu. Jawaban responden menunjukan bahwa alokasi pembiayaan pemeliharaan gedung harus ditambahkan sebesar 10-20% untuk mengoptimalkan pemeliharaan Gedung Kuliah Bersama (GKB) Universitas Bengkulu secara baik. Kata kunci: pemeliharaan gedung, sistem pembiayaan pemeliharaan gedung dan pengelola pemeliharaan gedung.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:20
Last Modified: 21 Nov 2023 03:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17321

Actions (login required)

View Item View Item