RANCANG BANGUN INSTRUMEN KENDALI DAN MONITORING SUPLAI DAYA KE BEBAN PADA RUMAH ENERGI TERBARUKAN (RET) DENGAN KOMBINASI BATERAI BERBASIS IOT

KURNIATI, INDAH and Rinaldi, Reza Satria and Fitrilina, Fitrilina (2023) RANCANG BANGUN INSTRUMEN KENDALI DAN MONITORING SUPLAI DAYA KE BEBAN PADA RUMAH ENERGI TERBARUKAN (RET) DENGAN KOMBINASI BATERAI BERBASIS IOT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Draft SKRIPSI INDAH KURNIATI G1D017038 - indah kurniati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Keperluan energi menjadi permasalahan yang semakin meningkat mengikuti kebutuhan masyarakat, namun persediaan cadangan energi konvensional seperti energi fosil semakin sedikit. Salah satu solusi alternative untuk memenuhi kebutuhan energi manusia yaitu dengan menerapkan rumah energi terbarukan (RET) dan pengendalian terhadap perangkat elektronik yang digunakan. Rumah energi terbarukan dalam penelitian ini menggunakan baterai VRLA 100Ah sebagai penyimpanan energi. Sistem kendali pada rumah energi terbarukan dilakukan dengan menggunakan sensor PIR dan LDR untuk mengendalikan lampu DC, dimana lampu akan menyala apabila dalam ruangan terdapat makhluk hidup dan lingkungan di luar rumah dalam kondisi gelap. Sedangkan untuk baterai dikendalikan dengan menggunakan sensor tegangan, dimana baterai akan terhubung apabila persentase kapasitas baterai lebih dari 60%. Monitoring rumah energi terbarukan dilakukan dengan menggunakan telegram untuk memonitoring kondisi perangkat elektronik. Dari 50 percobaan yang telah dilakukan terdapat 45 percobaan yang berhasil dilakukan atau persentase tingkat keberhasilan sistem yaitu 90%, sehingga penelitian ini dianggap berhasil. Kata Kunci : Internet of Things, NodeMCU ESP32, Rumah Energi Terbarukan (RET).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:28
Last Modified: 21 Nov 2023 06:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17326

Actions (login required)

View Item View Item