PERANCANGAN SISTEM MONITORING KESEHATAN PARU�PARU DENGAN SPIROMETER DIGITAL DAN METODE PAKAR CERTAINTY FACTOR BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS)

MUBAROKA, ROHINU and Fitrilina, Fitrilina and Hadi, Faisal (2023) PERANCANGAN SISTEM MONITORING KESEHATAN PARU�PARU DENGAN SPIROMETER DIGITAL DAN METODE PAKAR CERTAINTY FACTOR BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi M. Rohinu Mubaroka_G1D017001 - baroka oka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Gangguan paru-paru dapat menyebabkan penderita sulit bernafas, sulit beraktivitas, kekurangan oksigen bahkan apabila tidak segera terdeteksi dapat menyebabkan kematian. Tes kapasitas vital paru menggunakan spirometer adalah salah satu cara untuk mendiagnosis, namun pemeriksaan spirometri masih belum dikenal secara luas oleh masyarakat juga biaya pemeriksaan yang tergolong mahal sehingga fasilitas ini hanya dijumpai di rumah sakit besar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang hardware dan software alat ukur kapasitas vital paksa paru atau FVC (Forced Vital Capacity) menggunakan sensor tekanan MPX5010DP dan ESP 32 sebagai mikrokontroler yang nantinya akan di tambahkan sistem pakar dengan metode Certainty Factor agar bisa mendeteksi gangguan pada paru-paru dengan lebih baik. Berdasarkan hasil yang didapat pada penelitian sistem pakar deteksi gangguan kesehatan paru-paru dapat memutuskan kondisi pasien memiliki resiko yang tinggi terhadap penyakit paru-paru dan resiko yang rendah terhadap penyakit paru-paru dengan tingkat akurasi sistem dalam memutuskan sebesar 93 % dan besar eror rata-rata dari perancangan alat ukur kapasitas paru-paru (spirometer) ini adalah 6,93 % pada saat pasien tidak melakukan pengkondisian dan 1,72 % saat pasien sudah melakukan pengkondisian. Kata Kunci: ESP32, Kapasitas Vital Paksa, Cetainty Factor, Sensor Tekanan MPX5010DP

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:41
Last Modified: 21 Nov 2023 07:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17340

Actions (login required)

View Item View Item