Transliterasi Huruf Latin Bahasa Indonesia ke Aksara Lampung Menggunakan Metode Finite State Automata (FSA) Berbasis Web

Nata, Leri Riski and Susilo, Boko and Erlanshari, Aan (2023) Transliterasi Huruf Latin Bahasa Indonesia ke Aksara Lampung Menggunakan Metode Finite State Automata (FSA) Berbasis Web. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LERI - Riski Nata.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam kebudayaan. Kebudayaan tersebut mencakup kesenian, tatanan bahasa hingga tingkah laku masyarakat. Salah satu bentuk tatanan bahasa yaitu berupa tulisan atau yang biasa disebut dengan aksara Lampung. Di Lampung, Aksara Lampung masih ditemui diberbagai buku dan tempat, seperti buku sekolah, buku cerita, buku sejarah, gedung pemerintahan, tempat wisata, papan jalan, papan nama pertokoan, dan lain-lain. Aksara Lampung terdiri dari 20 huruf induk, 12 anak huruf, dan 10 tanda baca. Kurangnya kepedulian masyarakat terhadap pelestarian aksara Lampung menyeabkan banyak masyarakat yang tidak bisa membaca akrasa Lampung. Maka dari itu diperlukannya upaya untuk melestarikan aksara Lampung. Untuk mengatasi kurangnya kepedulian masyarakat Lampung terhadap aksara Lampung, dibutuhkannya sebuah sistem tranliterasi huruf latin ke aksara Lampung yang bisa menerjemahkan huruf latin bahasa Indonesia ke aksara Lampung. Program transliterasi yang akan dibangun menggunakan metode Finite State Automata (FSA) jenis Deterministic Finite Automata (DFA) dinyatakan dengan (Q,Σ,δ,q0,F) dan diagram transisi. Diagram transisi DFA berpedoman pada aturan penulisan aksara Lampung dan pola pemenggalan suku kata sehingga dapat menghasilkan algoritma transliterasi. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh aplikasi yang dapat merubah huruf latin bahasa Indonesia ke aksara Lampung dengan akurasi 92% . Kata kunci : Aksara Lampung, Finite State Automata, Transliterasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:17
Last Modified: 21 Nov 2023 08:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17350

Actions (login required)

View Item View Item