PENGARUH KANDUNGAN MINERAL PADA PENGUJIAN HARDENABILITY BAJA AISI 1045 DENGAN EFEK MEDIA PENDINGIN DAUR ULANG DAN TANPA DAUR ULANG

BIRAHMAN, EKO IRHAM and Sofwan, Sofwan and Hestiawan, Hendri (2023) PENGARUH KANDUNGAN MINERAL PADA PENGUJIAN HARDENABILITY BAJA AISI 1045 DENGAN EFEK MEDIA PENDINGIN DAUR ULANG DAN TANPA DAUR ULANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi EKO IRHAM BIRAHMAN - Eko Irham.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan adanya pengaruh kandungan mineral pada media pendingin terhadap nilai hardenability baja AISI 1054. Melakukan pengujian uji Jominy dengan menggunakan media pendingin daur ulang dan tanpa daur ulang, dan juga memvariasikan media pendingin yaitu air laut, air tanah, air kondensasi dan larutan dari air kondensasi dicampurkan dengan garam dengan persentase garam 25% dan 50%. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melakukan pemesinan untuk mendapatkan sampel uji Jominy yang sesuai dengan standar ASTM A255-02, selanjutnya dilakukan pemanasan sampai dengan suhu austenit, setelah mencapai suhu austenit dilakukan penahanan suhu yang bertujuan menseragamkan panas di seluruh badan sampel. Langkah selanjutnya sampel didinginkan dengan alat Jominy hingga suhu seluruh badan sampel menunjukan suhu ruangan. Selanjutnya dilakukan penentuan titik untuk pengujian kekerasan, setelah dilakukan pengujian dan mendapatkan hasil nilai kekerasan langkah berikutnya yaitu melakukan proses metalografi untuk melihat mikrostruktur pada setiap titik yang dilakukan pengujian kekerasan guna melihat fasa apa saja yang terbentuk. Hasil dari nilai kekerasan dan foto mikro yang diperoleh diolah dan dianalisa untuk mendapatkan jawaban dari pokok permasalah yang ingin dibahas. Hasil penelitian ini menunjukan nilai kekerasan tertinggi pada titik 1 atau pada jarak 3 mm dengan media pendingin tanpa daur ulang diperoleh pada air kondensasi dan dengan media pendingin daur ulang diperoleh pada air tanah dengan nilai kekerasan yang sama yaitu 60 HRC. Besarnya nilai kekerasan terbentuk dari fasa martensit, fasa yang diberikan oleh laju pendinginan yang sangat cepat. Kata Kunci: uji Jominy, hardenability, mikrostruktur, martensit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:29
Last Modified: 21 Nov 2023 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item