ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT CAR FREE DAY PADA JALAN PARIWISATA KOTA BENGKULU (Studi Kasus: Kawasan Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu)

ENUMBI, LEGISON and Hardiansyah, Hardiansyah and Mase, Lindung Zalbuin (2023) ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT CAR FREE DAY PADA JALAN PARIWISATA KOTA BENGKULU (Studi Kasus: Kawasan Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Hasil Revisi Sidang (1) - Legison Enumbi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Salah satu wacana dari program pemerintah di kota bengkulu dalam menurunkan pencemaran udara adalah melaksanakan kegiatan Car Free Day setiap 2 minggu. Pelaksanaan kegiatan ini direncanakan beberapa lokasi di kota bengkulu salah satunya yaitu di Jl. Pariwisata pantai panjang Kota Bengkulu. Tentu dengan kegiatan ini berlangsung, maka jalan tersebut ditutup dan akan menimbulkan beberapa dampak yaitu terjadinya peningkatan volume arus lalu lintas pada jalan alternatif di antaranya Jl. Bencoolen, Jl. Ahmad Yani dan Jalan Kerapu. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan jaringan jalan di kawasan Taman Berkas Pantai Panjang Kota Bengkulu untuk mengetahui kinerja jaringan jalan akibat Car Free Day. Pemodelan jaringan jalan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menambahkan skenario penambahan kapasitas ruas jalan dan pengalihan arus lalu lintas saat Car Free Day dengan menggunakan bantuan software ZIN Macrosimulation. Metode penelitian dilakukan dengan survei geometrik jalan dan arus lalu lintas di tiga zona untuk mengetahui kinerja jaringan jalan dalam kondisi eksisting. Hasil pemodelan kondisi eksisting dan skenario 1, terjadi peningkatan nilai derajat kejenuhan tertinggi pada jalan Bencoolen yang awalnya 0,737 menjadi 0,763 dengan tingkat pelayanan D. Skenario 2 juga mengalami peningkatan nilai derajat kejenuhan pada jalan pariwisata yaitu 0,796 dengan tingkat pelayanan C menjadi 0,825 yaitu tingkat pelayanan D. Hal ini menunjukan perlunya solusi untuk mengatasi kepadatan kendaraan aruslalu lintas saat Car Free Day. Hasil pemodelan dengan modifikasi jalan menunjukan tingkat pelayanan jalan pada setiap ruas jalan lebih baik dari tingkat pelayanan jalan pada kondisi di lapangan. Hasil pemodelan dengan skenario menggunakan data arus lalu lintas 5 tahun kedepan juga menunjukan tingkat pelayanan jalan lebih baik dari model eksisting, hal ini menunjukan jaringan jalan dengan skenario merupakan solusi yang sangat baik untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas saat Car Free Day. Kata Kunci: Car Free Day, ZIN Macrosimulation, Pemodelan Jaringan Jalan, Kinerja Jaringan Jalan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:31
Last Modified: 22 Nov 2023 01:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17359

Actions (login required)

View Item View Item