Kurniawan , Dedi and Lipneldi, Lipneldi and Mirza , Yasben (2011) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JAMKESMAS DAN JAMKESDA DI PUSKESMAS SINDANG DATARAN KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
Text
Skripsi Dedi Kurniawan FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pasien rawat jalan di Puskesmas Sindang Dataran dan masalah- masalah yang dihadapi dalam memberikan pelayanan serta usaha- usaha yang dilakukan untuk mewujudkan pelayanan berkualitas yang berimplikasi pada kepuasan pasien yang berobat di Puskesmas Sindang Dataran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yang penyajiannya dilakukan secara kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan ditetapkan dengan teknik purposive sampling..Sedangkan teknik analisis data menggunakan model teknik analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pasien Jamkesmas dan Jamkesda di Puskesmas Sindang Dataran melalui indikator- indikator penentu kualitas pelayanan (Zeithaml & Parasuraman) yang meliputi : 1. Kehandalan berdasarkan hasil penelitian cukup baik; ditunjukkan dengan adanya kejelasan alur pelayanan yang harus ditempuh pasien sudah ditempel/ dipasang di tempat yang strategis serta prosedur/syarat yang mudah tidak terkesan berbelit- belit sehingga efisien. 2. Daya tanggap berdasarkan hasil penelitian baik; ditunjukkan dengan adanya tanggapan yang serius dari petugas puskesmas Sindang Dataran dalam memberikan pelayanan terhadap kesulitan dan keluhan oleh pasien secara obyektif tanpa membedakan antara pasien miskin atau pasien umum. 3. Jaminan berdasarkan hasil penelitian cukup baik; ditunjukkan dengan adanya kecakapan atau ketrampilan pegawai puskesmas Sindang Dataran dalam memberikan pelayanan dan obat yang diberikan telah sesuai standart kesehatan serta lokasi puskesmas Sindang Dataran yang kurang strategis sehingga masyarakat yang berobat mengalami kesulitan. 4. Perhatian berdasarkan hasil penelitian kurang baik; diberikan dalam bentuk perhatian terhadap individu pasien serta kurang terciptanya komunikasi yang baik antara pegawai puskesmas Sindang Dataran dengan pasien yang berobat. 5. Bukti- bukti berdasarkan hasil penelitian cukup baik (memadai); ditunjukkan dengan adanya kemudahan dalam pelayanan rawat jalan yang diberikan oleh puskesmas Sindang Dataran, baik sarana pelayanan maupun sarana penunjang pelayanan. Masalah - masalah yang dihadapi dalam memberikan pelayanan di puskesmas Sindang Dataran adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memadai dan kurangnya motivasi untuk meningkatkan kemampuan bagi pegawai puskesmas Sindang Dataran. Usaha-usaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara menambah sarana dan prasarana dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia puskesmas Sindang Dataran.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 19 Nov 2013 22:43 |
Last Modified: | 19 Nov 2013 22:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1736 |
Actions (login required)
View Item |